News  

Pemahaman Dan Pelatihan Mitigasi Bencana, Vertical Rescue, Survival Display

Pemahaman Dan Pelatihan Mitigasi Bencana, Vertical Rescue, Survival Display
Pemahaman Dan Pelatihan Mitigasi Bencana, Vertical Rescue, Survival Display

Salingka Media, Solok – Pemahaman Dan Pelatihan Mitigasi Bencana, Vertical Rescue, Survival Display bersama H. Somasuparsa SE ( Ketua Pengurangan Resiko Bencana Jawa Barat ) dan team pakar nasional lainnya.

Di hari kedua Jambore Penggiat alam Sumatera Barat 2022, peserta Jambore di beri pemahaman materi dan pelatihan pelatihan.

Pemahaman tentang Mitigasi Bencana di terangkan langsung oleh Ketua Pengurangan Resiko Bencana Jawa Barat (H.Somasuparsa SE), kepada peserta apa itu Mitigasi Bencana dan Pentingnya materi ini.

Beliau menerangkan Tujuan dari Mitigasi Bencana untuk mengurangi dampak yang ditimbulkan, khususnya bagi penduduk, Sebagai landasan (pedoman) untuk perencanaan pembangunan, Meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam menghadapi serta mengurangi dampak/resiko bencana, sehingga masyarakat dapat hidup dan bekerja dengan aman.

Baca Juga :  Leeds United Vs Man City, Citizens Menang 1-3 Erling Haaland Dua

Beberapa kegiatan mitigasi bencana di antaranya, pengenalan dan pemantauan risiko bencana, perencanaan partisipatif penanggulangan bencana, pengembangan budaya sadar bencana, penerapan upaya fisik, nonfisik, dan pengaturan penanggulangan bencana, identifikasi dan pengenalan terhadap sumber bahaya atau ancaman bencana, pemantauan terhadap pengelolaan sumber daya alam, pemantauan terhadap penggunaan teknologi tinggi, pengawasan terhadap pelaksanaan tata ruang dan pengelolaan lingkungan hidup.

Vertikal Rescue diterangkan dan diperagakan oleh VRI REG SUMBAR, Vertical Rescue ialah teknik memindahkan (evakuasi) korban atau obyek pada medan terjal (High Angle / Vertical) dari tempat yang tinggi ke tempat yang lebih rendah, atau sebaliknya.

Dalam sebuah operasi SAR (Search And Rescue), Vertical Rescue adalah satuan dengan kemampuan khusus yang diterjunkan jika korban/obyek berada pada medan curam atau bahkan vertical (Hi-Angle Surface).

Baca Juga :  GOW Pasbar Bahas Persoalan Hukum dan HAM Perkawinan

Medan vertical disini tidak hanya sebatas tebing atau lembah di hutan atau gunung, tapi juga bangunan-bangunan tinggi yang ada di perkotaan seperti Gedung, Menara, jembatan, dan lain sebagainya.

Survival Display diterangkan oleh Soni Yakari.

Baca juga : Disdikbud Padang Keluarkan SE Terbaru Soal Belajar Mandiri di Rumah

Baca juga : Sekber PA Sumbar Turunkan Team Relawan Ke Lokasi Bencana Gempa Di Pasaman Barat

 

 

°°° 𝓔𝓕𝓡𝓘 °°°

Tinggalkan Balasan