Walikota Pariaman Genius Umar Lakukan Dialog Interaktif Dengan Kepala Desa dan Lurah se-Kota Pariaman

Walikota Pariaman Genius Umar Lakukan Dialog Interaktif Dengan Kepala Desa dan Lurah se-Kota Pariaman
Walikota Pariaman Genius Umar Lakukan Dialog Interaktif Dengan Kepala Desa dan Lurah se-Kota Pariaman

Salingkamedia.com, Pariaman – Walikota Pariaman Genius Umar Lakukan Dialog Interaktif Dengan Kepala Desa dan Lurah se-Kota Pariaman. Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMDes) Kota Pariaman mengundang Kepala Desa dan Lurah se-Kota Pariaman untuk menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) 2021 dengan Walikota Pariaman Genius Umar, tentang Pengelolaan Keuangan Desa.

Jenius Umar saat memberikan sambutan pada pembukaan Rakor, di Aula Pertemuan Hotel Safari Inn, Kamis (16/12), bahwa Rakor ini diadakan dalam rangka menyelaraskan program kegiatan antara Desa dan Masyarakat. Kota.

Kemudian Genius Umar juga ingin meninjau sejauh mana program pembangunan Desa telah dilaksanakan, sejauh mana Pemerintah Desa telah dilaksanakan, dan juga ingin mengetahui sejauh mana pembangunan masyarakat di Desa telah dilaksanakan.

Baca Juga :  Pemko Pariaman Gelar Operasi Pasar Murah Minyak Goreng Kemasan Sederhana

“Dalam rapat koordinasi ini saya juga melakukan dialog interaktif dengan kepala desa dan lurah tentang program-program desa yang telah dilaksanakan dan yang belum dilaksanakan, seperti program pariwisata, pertanian, water front city, dan sebagainya, sehingga Hasil diskusi ini dapat menjadi acuan bagi Pemkot, apakah kegiatan tersebut sudah sinkron dengan program Pemkot yang ada atau tidak, dan program apa yang perlu ditingkatkan ke depannya”, ujar Jenius Umar.

Walikota Pariaman Genius Umar Lakukan Dialog Interaktif Dengan Kepala Desa dan Lurah se-Kota Pariaman

“Mengenai Bumdes yang ada di Kota Pariaman ada 44 Bumdes yang sudah terbentuk, namun baru 50% yang aktif, sedangkan 50% lainnya perlu pembinaan ulang dari OPD terkait, agar Bumdes yang ada bisa bangkit kembali,” terang Genius. . Umar.

“Kita tidak hanya mengandalkan Bumdes dari segi pariwisata saja, tapi sesuaikan dengan potensi yang ada di desa, dan kalau bisa jangan menggunakan Bumdes yang sama agar Bumdes bisa berjalan sesuai potensi yang ada di desa. masing-masing desa, dan dikembangkan oleh masyarakat desa dengan pengelolaan yang baik dan SDM yang unggul,” jelasnya.

Baca Juga :  Kalteng Dihabisi Hingga Babak Belur Oleh Persikopa

Di akhir sambutannya Jenius Umar juga menyampaikan bahwa selama tiga tahun terakhir ini, kita telah banyak meraih penghargaan nasional, salah satunya penghargaan di bidang pembangunan desa, dan untuk tahun 2021 Kota Pariaman telah mampu meraih juara Indonesia 2021. Penghargaan Desa Wisata (ADWI) oleh Desa Apar, Kabupaten Pariaman Utara, sebagai yang terbaik dalam 3 (tiga) Kategori Desa Digital Nasional.

Sementara itu, Kepala DPMDes Kota Pariaman Hendri menjelaskan kegiatan yang dilakukannya adalah untuk menyamakan persepsi antara pemerintah desa dan pemerintah kota, dan rakor ini juga merupakan bagian dari pembangunan desa.

“Seperti yang kita ketahui bahwa desa adalah pemerintah utama kita untuk ikut serta melaksanakan pembangunan di tingkat desa, apalagi sekarang sudah ada dana desa. Sehingga dana desa harus dikelola dengan baik dan dilaporkan setiap tahun, agar penggunaan dana desa tersebut dapat memenuhi kriteria akuntabilitas, partisipatif dan informatif, serta dapat diakses oleh semua orang, sehingga dana desa yang dikucurkan oleh pemerintah pusat benar-benar dapat digunakan untuk kepentingan masyarakat. meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat,” kata Hendri. Hms/Tachi

Tinggalkan Balasan