Padang  

Gubernur Sumbar: Peran LKAAM Sangat Penting Dalam Percepatan Pembangunan Ranah Minang

Gubernur Sumbar Peran LKAAM Sangat Penting Dalam Percepatan Pembangunan Ranah Minang

Salingkamedia.com, Padang – Gubernur Sumbar: Peran LKAAM Sangat Penting Dalam Percepatan Pembangunan Ranah Minang. Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansarullah Dt. Marajo membuka Musyawarah Besar XII (Mubes) Lembaga Kerapatan Adat Alam (LKAAM) Minangkabau Sumbar di ruang rapat adat Kantor LKAAM Sumbar, Kamis (16/12/2021).

Gubernur Mahyeldi mengatakan LKAAM sebagai lembaga adat memiliki peran strategis dalam mewujudkan masyarakat Minangkabau yang maju dan mandiri, dalam nuansa falsafah “Adat basandi Syara’ dan Syara’basandi Kitabullah”.

“Pemprov Sumbar sangat merasakan manfaat dan fungsi LKAAM, dalam rangka percepatan pembangunan. Hal ini terlihat dari banyaknya permasalahan yang hanya akan terselesaikan bila ada peran aktif tokoh adat khususnya dalam urusan Sako Pusako, ” ujar Mahyeldi Dt. Marjo.

Baca Juga :  Piala Wali Kota Padang U-11 Digelar, Semoga Akan Terus Lahir Pesepakbola Andal dari Kota Padang

Gubernur Sumbar Peran LKAAM Sangat Penting Dalam Percepatan Pembangunan Ranah Minang

Tidak semua masalah bisa diselesaikan melalui pendekatan hukum dan pemerintah, ada kearifan lokal yang hanya bisa diselesaikan melalui peran tokoh adat (ninik mamak).

Terkait pemilihan Ketua LKAAM Sumbar, Gubernur Mahyeldi berharap semua tahapan bisa berjalan lancar dan yang terpenting siapapun yang terpilih akan berdampak positif bagi Sumbar.

Gubernur menyatakan, “Perkembangan zaman telah menekan atau mengurangi minat generasi muda untuk memahami adat dan budaya Minangkabau, tentu menjadi tanggung jawab kita untuk menemukan formula yang tepat.

Gubernur Sumbar Peran LKAAM Sangat Penting Dalam Percepatan Pembangunan Ranah Minang

Sementara itu, Kepala LKAAM Sumbar, Dr. Drs. M. Sayuti, MPd. Datuak Rajo Pangulu, dalam sambutannya mengatakan. Musbes LKAAM Sumbar XII merupakan musyawarah tertinggi dalam rangka pemilihan Ketua dan perumusan keputusan tertinggi.

Baca Juga :  Enam Mobil Mainan Milik PKL di Kawasan Pantai Purus Disita Satpol PP Padang Karena Tak Patuhi Aturan

“Agenda Musbes meliputi fungsi kepengurusan lima tahun ke depan, laporan kegiatan kepengurusan yang lalu, dan laporan program kerja lima tahun ke depan,” kata Dt. Raja Pangulu. Hms

Tinggalkan Balasan