News  

PAUD Merupakan Pondasi Penting Bagi Tumbuh Kembang Anak

PAUD Merupakan Pondasi Penting Bagi Tumbuh Kembang Anak

Salingka Media, Padang – Ny Genny Hendri Septa : PAUD Pondasi dasar membangun karakter anak, Bunda PAUD Kota Padang Ny Genny Hendri Septa menyebut bahwa PAUD merupakan pondasi penting bagi tumbuh kembang anak. Karena lewat PAUD, karakter anak serta pendidikannya dapat terbentuk.

“Saat di PAUD itulah masa emas anak sebenarnya. Mereka dapat dibentuk sejak menginjak pendudukan di PAUD,” ungkapnya ketika memberi sambutan saat pelantikan pengurus daerah Himpunan Tenaga Pendidik Anak Usia Dini (Himpaudi) Padang, Kamis (4/11/2021) di palanta rumah dinas wali kota.

Sedangkan Bunda PAUD Kota Padang, Ny. Geni Hendri Septa menjelaskan, agar karakter anak terbentuk saat di jenjang PAUD, dibutuhkan guru atau tenaga pendidik PAUD yang siap dalam menghadapi berbagai tantangan zaman. Namun begitu, yang menjadi masalah saat ini yakni dana insentif yang diterima guru/pendidik PAUD masih kurang.

Baca Juga :  Gunung Merapi Kembali Muntahkan Awan Panas Guguran

Baca juga : Mari Tumbuhkan Minat Baca Anak Sedari Dini

“Kita berharap dukungan Ketua DPRD Padang dan Bunda PAUD Sumbar menyikapi hal ini. Bersama-sama kita carikan solusi,” harapnya.

Gayung pun bersambut. Ketua DPRD Padang Syafrial Kani mengungkapkan, pihak legislatif berjanji akan memberikan perhatian lebih kepada guru PAUD. DPRD akan memperjuangkan dana insentif bagi guru PAUD.
“Soal itu (insentif atau honor guru/pendidik PAUD) yang masih minim, sementara perannya penting, Insya Allah akan kita perjuangkan di DPRD,’ kata Syafrial.

Pengurus Himpaudi Padang dilantik Bunda PAUD Sumbar Ny. Harneli Bahar Mahyeldi. Dalam sambutan dan arahannya Ny Harneli menuturkan bahwa peran seorang guru, khususnya guru pendidikan anak usia dini (PAUD) sangat penting dalam menopang perkembangan kualitas sumber daya manusia (SDM). Untuk itu, layanan PAUD yang dijalankan selama ini, mesti terus ditingkatkan kualitasnya.

Baca Juga :  265 Lembaga PAUD PNF Pasbar Akan Terakreditasi BAN di Tahun 2023

“Anak-anak usia dini adalah usia emas. Oleh karena itu, jangan disia-siakan. Isilah mereka dengan bekal yang mumpuni. Jadi para pendidik/bunda PAUD perannya sangat vital di sini,” katanya.

Ny Harneli berharap ke depan Himpaudi Padang melahirkan program dan terobosan sehingga eksistensi Himpaudi benar-benar dirasakan rakyat sekaligus dampak positif. Tahun lalu, guru Himpaudi berprestasi dapat reward umrah, ke depan kalau bisa ditambah. Begitu pula pemberian beasiswa.

Ketua Himpaudi Padang Desi Susanti usai dilantik, mengatakan, pihaknya akan berupaya memberikan yang terbaik untuk kemajuan Himpaudi dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini. Namun dia menekankan, hal itu bisa dilakukan, secara bersama-sama. “Kami butuh kritikan sebagai masukan bagi kami,” katanya. Ch

Tinggalkan Balasan