Padang  

Gubernur Mahyeldi Instruksikan Optimalisasi Fasilitas dan Layanan Masjid Raya Sumbar

Gubernur Mahyeldi Instruksikan Optimalisasi Fasilitas dan Layanan Masjid Raya Sumbar

Salingkamedia.com, Padang – Gubernur Mahyeldi Instruksikan Optimalisasi Fasilitas dan Layanan Masjid Raya Sumbar. Pasca terpilihnya Masjid Agung Sumbar sebagai salah satu dari tujuh masjid di dunia yang meraih Abdullatif Al Fozan Award atau AFAMA, Gubernur Sumbar Buya Mahyeldi menginstruksikan OPD terkait untuk meningkatkan pelayanan dan fasilitas yang ada di kebanggaan Barat. masjid sumatera.

Tak tanggung-tanggung, Buya Mahyeldi menginginkan keberadaan masjid unik tanpa kubah menjadi rujukan nasional dan dunia. Sehingga fasilitas dan pelayanan di Masjid Agung Sumatera Barat tidak kalah dengan hotel berbintang. Terutama untuk kebersihan toilet, tempat wudhu dan pelayanan kepada jamaah.

“Dengan masuknya Masjid Agung Sumbar dalam 7 masjid terbaik di dunia, akan menjadi bahan diskusi dan kunjungan. Diharapkan fasilitas dan kebersihan masjid dan fasilitas pendukung lainnya disiapkan serta Boleh. Pelayanannya harus bintang 5, jangan mau kalah dengan hotel-hotel berbintang ternama,” kata Buya Mahyeldi, saat menghadiri acara Subuh Mubarokah, di Masjid Raya Sumbar, Minggu (2/1/2021).

Baca Juga :  Semangat jadikan Indonesia sebagai industri produk halal, Gubernur Mahyeldi Jadi Narasumber Seminar Nasional PDMI

Gubernur juga meminta agar Masjid Raya Sumbar disiapkan di ruangan khusus sebagai tempat pengunjung mendapatkan segala informasi tentang masjid yang peletakan batu pertamanya pada 21 Desember 2007 oleh Gubernur Sumbar Gamawan Fauzi.

“Dilengkapi dengan segala dokumentasi yang detail. Mulai dari perencanaan dan bila perlu bisa ditampilkan dalam empat dimensi dimana pengunjung dikenalkan dengan masjid agung seolah-olah berada di lokasi dan melihat langsung setiap sisi masjid,” sambungnya. gubernur.

“Setiap detail dan desain bangunan pasti ada cerita, ada maknanya. Jadi penghargaan ini menjadi tantangan bagi kami. Karena banyak yang akan datang, mungkin presiden Amerika atau umat Islam dari berbagai belahan dunia lainnya. Grand Sumbar Masjid akan menjadi objek wisata religi,” lanjutnya. .

Baca Juga :  Ditlantas Polda Sumbar Mulai Hapuskan Data Kendaraan Tidak Bayar Pajak

Perhatian terhadap para pedagang di sekitar masjid juga tidak dilupakan. Gubernur meminta disiapkan dan ditata tempat penjualan yang representatif di Masjid Raya Sumbar. Termasuk penataan taman dan lampu agar pengunjung merasa nyaman.

“Jadi kita harus melanjutkan apa yang sudah susah payah dibangun oleh gubernur-gubernur sebelumnya. Para gubernur telah meletakkan fondasinya, dan kita harus menghargainya. Sekarang kewajiban kita untuk mengoptimalkan dan membuatnya lebih baik,” kata Buya.

Menanggapi arahan gubernur tersebut, Kepala Biro Kesra Setda Sumbar Syaifullah mengatakan akan segera menindaklanjuti dan berkoordinasi dengan beberapa OPD terkait.

Menurut Syaifullah, sebelumnya telah dilakukan beberapa pembenahan fasilitas, antara lain toilet dan lift tower Masjid Agung Sumbar. (Doa/MMC)

Tinggalkan Balasan