Antisipasi Kekurangan Stok Darah Di Pasbar PMI Sungai Aur Gelar Sosialisasi Donor Darah

Antisipasi Kekurangan Stok Darah Di Pasbar PMI Sungai Aur Gelar Sosialisasi Donor Darah
Antisipasi Kekurangan Stok Darah Di Pasbar PMI Sungai Aur Gelar Sosialisasi Donor Darah

Salingka Media, Pasbar – Untuk mengantisipasi kekurangan stok darah di Pasaman Barat khususnya di Kecamatan Sungai Aur, serta memberikan pemahaman akan manfaat donor darah kepada masyarakat, Palang Merah Indonesia (PMI) Sungai Aur menggelar Sosialisasi Donor Darah, Selasa (22/2) di Aula kantor camat Sungai Aur.

Sosialisasi dibuka langsung oleh Ketua Palang Merah Indonesia ( PMI) Pasaman Barat (Pasbar) Risnawanto.

Turut Hadir dalam sosialisai, Wali Nagari Sungai Aur M. Zenni, Kepala Puskesmas Sungai Aur Faysal, Kepala Sekolah Se-Kecamatan Sungai Aur, Staf Kecamatan Sungai Aur serta stakeholder terkait lainnya.

Ketua PMI Pasaman Barat Risnawanto menyampaikan dukungan dan apresiasi atas terlaksananya Sosialisasi Donor Darah terhadap ASN dan masyarakat Kecamatan Sungai Aur.

Baca Juga :  Bupati Hamsuardi dan Wabup Risnawanto Serahkan SK Pengangkatan 413 PPPK Guru Formasi Tahun 2022

Dengan diadakannya kegiatan ini, kedepan diharapkan adanya peningkatan aksi kemanusiaan.

Ketua PMI menekankan agar kegiatan aksi donor darah ini dilakukan secara rutin dan berkelanjutan di Pasaman Barat, sehingga bisa membantu meningkatkan kesadaran masyarakat untuk saling membantu sesama.

“Semoga ini dapat membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan darah, karena satu tetes darah yang kita sumbangkan sangat berarti bagi kemanusiaan melalui aksi donor darah,”ucap Risnawanto.

Darah itu penting, sehingga diperlukan orang-orang yang siap donor dengan memenuhi syarat.

Selain memenuhi syarat, masyarakat juga harus mempunyai kemauan untuk donor sehingga nantinya bank data Pasaman Barat terkait ketersediaan darah dan golongan darah masyarakat dapat terdeteksi dari kepedulian masyarakat akan guna donor darah.

Baca Juga :  REI Peduli Bencana Gempa Bumi Pasaman Barat dan Pasaman

Sementara itu, Ketua PMI Cabang Sungai Aur Febrianto mengucapkan terimakasih kepada Ketua PMI Pasbar atas dukungan yang diberikan sehingga kegiatan dapat berjalan dengan lancar.

Ia menambahkan, pada 8 Maret 2022 mendatang juga akan diadakan gebyar donor darah di Sungai Aur, untuk itu diharapkan kesadaran masyarakat akan pentingnya donor darah.

Ia berharap dengan dimulainya sosialisasi dari kecamatan, nagari, hingga nagari persiapan, akan dapat mendukung kegiatan donor darah, karena dengan adanya dukungan dan keterlibatan masyarakat dalam donor darah akan membantu sesama manusia yang membutuhkan darah.

Ia menjelaskan banyak manfaat dari donor darah yang dilaksankan.

Apabila Stok darah di PMI Kecamatan Sungai Aur cukup memadai, masyarakat Sungai Aur yang membutuhkan darah bisa secepatnya ditangani.

Baca Juga :  Sebanyak 1.100 Nelayan Air Bangis Terima Bantuan BPJS Ketenagakerjaan dari Provinsi Sumbar

“Kita khususkan dulu untuk masyarakat Sungai Aur apabila bank darah kita cukup maka masyarakat yang membutuhkan darah cepat memperoleh pertolongan tanpa kesulitan seperti selama ini terjadi,” ucapnya.

 

°°° 𝓗𝓐𝓝𝓓𝓡𝓞 °°°

Tinggalkan Balasan