Dilantik Ketua PMI Sumbar, Risnawanto Resmi Jabat Ketua PMI Pasbar Masa Bakti 2021-2026

Dilantik Ketua PMI Sumbar, Risnawanto Resmi Jabat Ketua PMI Pasbar Masa Bakti 2021-2026

Salingka Media, Pasaman Barat – Dilantik Ketua PMI Sumbar, Risnawanto Resmi Jadi Ketua Pasbar PMI Periode 2021-2026. Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) masa bakti 2021-2026 diresmikan oleh Ketua PMI Sumbar (Sumbar) Aristo Munandar di aula kantor bupati setempat, Rabu ( 6/10). Wakil Bupati (Wabup) Risnawanto menjadi Ketua PMI Pasbar.

Ketua PMI Sumbar Aristo Munandar mengatakan PMI bergerak di bidang kemanusiaan, dan diharapkan bisa bermitra dengan pemerintah. “PMI harus hadir di tengah masyarakat dalam kondisi apapun,” kata Aristo Munandar.

“Saat ini masalah PMI adalah pemenuhan kebutuhan darah. Dengan dilantiknya kepengurusan Pasbar PMI ini, diharapkan dapat meningkatkan semangat mengabdi kepada negeri ini, khususnya membantu masyarakat yang membutuhkan,” ujarnya. Untuk memenuhi kebutuhan darah, kata dia, PMI diminta bekerja sama dengan seluruh pemangku kepentingan. Mulai dari Pemerintah Daerah, TNI, Polri, BPBD, kelurahan dan lainnya berkoordinasi secara intensif.

Baca Juga :  Pokir Anggota DPRD Pasaman Barat Tahun 2023 Diarahkan untuk Pembangunan Sekolah Swasta

Dilantik Ketua PMI Sumbar, Risnawanto Resmi Jabat Ketua PMI Pasbar Masa Bakti 2021-2026

“Kita perlu terus mengasah seruan untuk membantu di PMI,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Hamsuardi mengatakan, keberadaan PMI ini bersinergi dengan program pembangunan pemerintah yang menjadi mitra dalam membangun Pasaman Barat.

“Seperti pandemi Covid-19 saat ini, PMI dan para relawannya telah banyak membantu pemerintah dalam menangani penyebaran Covid-19. Khususnya kegiatan fardhu kifayah pemakaman jenazah Covid-19 yang dilakukan oleh PMI Pasbar. relawan,” kata Hamsuardi.

Menurut Bupati, PMI selalu siap dan hadir di semua tempat dalam waktu bersamaan. Dengan relawan PMI yang sudah tersebar di lapangan, masyarakat bisa terbantu dan tugas pemerintah menjadi lebih ringan.

Selain itu, Ketua PMI Pasbar Risnawanto menyampaikan, usai pelantikan kepengurusan Pasbar PMI periode 2021-2026, akan segera disusun program kerja untuk mewujudkan visi organisasi PMI “Terwujudnya PMI yang profesional dan berintegritas. dengan masyarakat.”

Baca Juga :  Masyarakat Sigantang Pasbar Laporkan ke Polisi Adanya Penutupan Akses Jalan Umum

Dilantik Ketua PMI Sumbar, Risnawanto Resmi Jabat Ketua PMI Pasbar Masa Bakti 2021-2026

“Sebagai organisasi kemanusiaan, PMI tidak hanya mengurusi donor darah, tetapi juga penanggulangan bencana, kesiapsiagaan, pelayanan kesehatan dan sosial, serta penanganan Covid-19 bersama Satgas Covid-19 Kabupaten Pasbar,” kata Risnawanto.

PMI Pasbar dalam waktu 3 bulan setelah terpilih dalam Musyawarah Kecamatan, telah terbentuk kepengurusan PMI kecamatan di 11 kecamatan se-Kabupaten Pasbar. Ketua PMI berharap ke depan PMI Pasbar memiliki jaringan relawan yang kuat hingga ke tingkat nagari bahkan jorong. Sehingga dapat membantu pemerintah yang hadir di lokasi bencana secepatnya untuk membantu masyarakat.

“Ke depan, PMI Kabupaten Pasbar juga akan berupaya meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat menghadapi bencana dengan membuat desa binaan, khususnya di desa rawan bencana dan jauh dari jangkauan pemerintah,” jelasnya.
Ia juga mengucapkan terima kasih kepada pengurus PMI, baik kabupaten maupun kecamatan, khususnya relawan PMI yang telah melakukan dan memperjuangkan kemanusiaan di masyarakat tanpa egois dalam menghadapi pandemi Covid-19, mulai dari promosi, disinfektan hingga menggelar pemakaman. untuk jenazah Covid-19. dan juga para relawan Donor Darah yang dengan sukarela mendonorkan darahnya untuk membantu sesama.

Baca Juga :  Baznas Pasbar Peringati HUT ke-22 Gelar Khotmil Qur'an dan Syukuran

“Apresiasi setinggi-tingginya untuk para relawan, karena tanpa relawan kita, dewan ini tidak akan bisa berbuat apa-apa,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu Bupati Pasaman Barat menyerahkan mobil mobil donor darah kepada Ketua PMI Pasbar, untuk kendaraan operasional kegiatan donor darah. Hms/Handro

Tinggalkan Balasan