Dukung Ciptakan Usahawan Baru, Pelatihan Berbasis Kompetensi Digelar

Dukung Ciptakan Usahawan Baru, Pelatihan Berbasis Kompetensi Digelar
Dukung Ciptakan Usahawan Baru, Pelatihan Berbasis Kompetensi Digelar

Salingka Media, Batusangkar – Dukung Ciptakan Usahawan Baru, Pelatihan Berbasis Kompetensi Digelar. Pemerintah kabupaten Tanah Datar dalam rangka mewujudkan Program Unggulan( Progul) menghasilkan usahawan baru serta lapangan kerja, senantiasa melaksanakan pelatihan untuk calon pelakon usaha.

Buat mewujudkan perihal tersebut pemerintah Tanah Datar berkolaborasi dengan Kementerian Ketenagakerjaan serta Tubuh Amal Zakat Nasional( Baznas) Tanah Datar menggelar pelatihan berbasis kompetensi, yang dibuka langsung oleh Bupati Eka Putra di dampingi Pimpinan Dekranasda Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra Senin( 14/ 2) di Balai Latihan Kerja( BLK) Batusangkar, 5 Kalangan.

” Bersumber pada informasi formal pusat statistik, tingkatan pengangguran terbuka Tanah Datar tahun 2021 pada urutan ke 4 terendah dari 19 kabupaten kota di sumbar, dengan hasil survey tahun 2021 tercatat sebesar 4, 63 persen, menyusut dibanding tahun 2020 sebesar 4, 79 persen serta tingkatan nasional sebesar 6, 49 persen,” ungkap Eka Putra dalam sambutannya.

Baca Juga :  Kecelakaan Beruntun di Panyalaian Tanah Datar, Diduga Rem Truk Blong Menabrak 9 Unit Kendaraan

Dukung Ciptakan Usahawan Baru, Pelatihan Berbasis Kompetensi Digelar

Lebih lanjut Bupati uraikan, buat informasi mikro ketenagakerjaan Tanah Datar tercatat pada Dinas PMPTSP Naker tahun 2021 total jumlah pencari kerja sebanyak 6. 463 orang. Laki- laki sebanyak 2. 601 orang serta wanita 3. 862 orang, yang di domisili latar balik pendidikan SLTA/ Sederajat serta tamatan perguruan tinggi baik Diploma serta strata 1.

Bupati katakan, dalam rangka kurangi pengangguran tersebut pemerintah Tanah Datar melakukan pelatihan berbasis kompetensi dengan bermacam program kejuruan, dengan harapan pencari kerja yang belum memiliki kemampuan serta keahlian hendak mempunyai bekal buat merambah pasar kerja serta membuka usaha. Kedepannya dengan harapan bisa berkembang kembang jadi pengusaha berhasil dengan sasaran tahun ini 1000 wirausaha.

Baca Juga :  Festival Petani Milenial Tahun 2022 di Tanah Datar Pertama di Indonesia

Bupati pula sampaikan perkataan terimakasih kepada Kemenaker lewat BLK Padang, dengan dana APBN serta Baznas Tanah Datar yang sudah menunjang progul Tanah Datar dalam mewujudkan kesejahteraan warga.

Diakhir sambutan, Bupati berpesan kepada partisipan yang hendak dilatih sepanjang satu bulan supaya betul- betul menimba ilmu, dengan harapan kedepannya bisa kurangi pengangguran serta membuka lapangan kerja baru.

Sedangkan itu Kepala Dinas PMPTSP Zahratul Khairi memberi tahu, pelatihan ini dilaksanakan dengan 17 paket berbasis kompetensi. Dengan dana APBD Tanah Datar sebanyak 10 paket, serta APBN 6 paket, dan Baznas Tanah Datar sebanyak paket, dengan jumlah 304 orang partisipan dengan tujuan hendak memotivasi buat menghasilkan usahawan serta lapangan kerja.

Baca Juga :  Ratusan Mobil Modifikasi Hadir di Kota Batusangkar

Sedangkan Pimpinan Baznas Tanah Datar Yasmansyah, sampaikan pelatihan ini didukung lewat program ekonomi produktif dari Baznas, sekalian menunjang progul Tanah Datar dalam mewujudkan 1000 wirausaha baru lewat paket pelatihan servis motor dengan di bantu perlengkapan bengkel.

Ikut muncul pada kegiatan tersebut Asisten, pimpinan OPD terpaut, Kepala BPS Tanah Datar Kardiman, Camat 5 Kalangan Hendra Setyawan, Wali Nagari serta kepala UPTD BLK Batusangkar beserta jajaran. Hms

Tinggalkan Balasan