Pembinaan Komunikasi Cegah Konflik Sosial

Pembinaan Komunikasi Cegah Konflik Sosial
Pembinaan Komunikasi Cegah Konflik Sosial

Salingka Media, Pariaman – Pembinaan Komunikasi Cegah Konflik Sosial Kodim 0308/Pariaman adakan kegiatan Binkom.

Komando Distrik Militer (Kodim) 0308/Pariaman menyelenggarakan kegiatan pembinaan komunikasi (Binkom) Pencegahan Konflik Sosial Tahun 2024 di Kota Pariaman.

Binkom yang mengangkat tema “Peran Seluruh Komponen Masyarakat dalam Mencegah Konflik Sosial di Wilayah Hukum Kodim 0308/Pariaman” berlangsung di Aula Balai Kota Pariaman, Kamis (18/1).

Sekretaris Daerah Kota Pariaman (Sekdako) dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada pihak TNI yang telah memilih Kota Pariaman sebagai tempat dilaksanakannya kegiatan tersebut.

Baca Juga :  Bus PT.Sipirok Nauli Kecelakaan Hingga Hancur Separo

“Menjadi tempat dilaksanakannya Binkom oleh Kodim 0308/Pariaman merupakan suatu kebanggaan bagi kami Pemerintah Kota Pariaman. Selain itu, kami juga bangga telah dikunjungi oleh Asisten Staf Intelijen hingga Panglima TNI. Staf Divisi Intelijen Brigjen TNI Antoninho Rangel Da Silva, S.IP, M.Han,” ujarnya.

Tahun 2024 akan menjadi tahun politik karena akan dilaksanakan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, DPD, DPR-RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota yang disusul dengan pemilihan gubernur, bupati, dan walikota se-Indonesia.

Untuk itu perlu adanya pembinaan untuk mencegah terjadinya konflik sosial, sehingga pelaksanaan pemilu tahun ini sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Pemilihan Kepala Daerah di Kota Pariaman berjalan aman, damai dan lancar.

Baca Juga :  Pembukaan Jambore Penggiat Alam Sumatera Barat 2022 Di Pulau Belibis Kota Solok

“Kepada seluruh peserta, kami berharap dapat memanfaatkan momen ini agar kedepannya kita dapat bergandeng tangan menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, bersama membangun bangsa agar Kota Pariaman terhindar dari konflik sosial, dan kedepannya Indonesia akan terus berkembang dan menjadi bangsa yang bermartabat di dunia,” harapnya.

Sementara itu, Asisten Wakil Staf Intelijen Kepala Staf Angkatan Darat Divisi Intelijen yang juga Ketua Tim Brigjen TNI Antoninho Rangel Da Silva, S.IP, M. Han menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kota Pariaman yang telah ikut serta dalam kegiatan tersebut, mensukseskan kegiatan ini.

“Kegiatan ini sengaja kami laksanakan di Kota Pariaman, karena Kota Pariaman merupakan salah satu kota yang memiliki sejarah aman, damai, dan lancar dalam proses penyelenggaraan pemilu. Tujuan Binkom antara lain untuk menghadapi politik tahun 2024, agar Kota Pariaman kembali menjadi contoh dan barometer bagi daerah lain,” ujarnya.

Baca Juga :  PT. Semen Padang dan Pemprov Sumbar Sepakati MoU Pemberdayaan Masyarakat Sekitar Hutan

Untuk menjamin keamanan dan mencegah konflik sosial diperlukan kerjasama dengan tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh agama, intelektual, pers dan lain-lain. Dengan demikian, kerjasama yang baik akan mampu membantu Pemerintah Daerah dalam mencegah dan mengurangi potensi konflik sosial yang terjadi di Kota Pariaman.

“Semoga dengan adanya kegiatan pengembangan komunikasi pencegahan konflik sosial ini kita dapat memahami potensi ancaman gangguan, hambatan dan tantangan dari konflik sosial,” tutupnya.(*)

 

 

 

Kominfo Kota Pariaman.

(dewi lestari)

Tinggalkan Balasan