Gurbernur Sumbar, Hadiri panen perdana Petani Bawang

Gurbernur Sumbar, menghadiri panen perdana Petani Bawang Varietas Unggul Batu Ijo
Gurbernur Sumbar, menghadiri panen perdana Petani Bawang Varietas Unggul Batu Ijo

Tanah Datar, Salingkamedia – Gurbernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah (buya), menghadiri panen perdana Petani Bawang Varietas Unggul Batu Ijo, di kanagarian Pandai Sikek Kabupaten Tanah Datar.

Panen perdana bawang varietas unggul Batu Ijo yang diinisiasi oleh Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya Lahan Pertanian Badan Litbang Pertanian Kementan RI di Nagari Pandai Sikek Kab.Tanah Datar.
Lahan percontohan bawang sebesar 10 hektare yang dipanen menjadi satu langkah maju dalam pemanfaatan varietas unggul, pemanfaatan teknologi serta pengelolaan air dan pemupukan yang bisa dicontoh oleh petani di Sumbar.

Hasil panen yang mencapai 18 ton perhektare jauh lebih tinggi dari varietas lokal yang hanya 12-13 ton perhektare sehingga bisa membantu meningkatkan pendapatan petani. Apalagi masa panen juga hanya 70 hari.

Ini sangat sesuai dengan RPJMD Sumbar 2021-2026 yang salah satunya memang fokus pada sektor pertanian.
Ke depan akan diupayakan pengembangan teknologi hilirisasi dari produk pertanian Sumbar agar harga komoditas bisa tetap terjaga sehingga petani benar-benar diuntungkan.

Baca juga : Bupati Tinjau Pembangunan Jalan Lingkar Abai

Baca Juga :  Presiden Jokowi Didampingi Menhan Prabowo Resmikan Rumah Sakit Modular Jenderal TNI L.B. Moerdani di Merauke

Tinggalkan Balasan