Sehat  

Dampak Mengenakan Pakaian Berkeringat: Lebih dari Sekadar Tidak Nyaman

Dampak Mengenakan Pakaian Berkeringat: Lebih dari Sekadar Tidak Nyaman
Dampak Mengenakan Pakaian Berkeringat: Lebih dari Sekadar Tidak Nyaman. Foto by Thinkstock/Koldunov Via CNN

Salingka Media – Dampak pakaian berkeringat lebih dari sekadar tidak nyaman, kita semua pernah mengalaminya selesai berolahraga atau beraktivitas di bawah terik matahari, badan terasa lengket dan tidak nyaman karena keringat. Refleks pertama yang biasanya dilakukan adalah melepas pakaian yang basah oleh keringat tersebut. Tapi, tahukah Anda ternyata membiarkan baju basah menempel di badan bisa menimbulkan efek yang kurang mengenakkan?

1. Iritasi Kulit

Keringat itu sendiri sebenarnya tidak berbahaya. Namun, keringat yang terperangkap di pakaian secara bersamaan dengan kotoran dan bakteri yang menempel di kulit bisa menimbulkan iritasi. Gesekan antara pakaian dan kulit yang teriritasi ini dapat semakin memperparah rasa gatal dan tidak nyaman.

2. Risiko Infeksi Jamur

Lingkungan yang lembap dan hangat akibat pakaian berkeringat adalah kondisi ideal untuk pertumbuhan jamur. Area lipatan kulit, seperti selangkangan, ketiak, dan di bawah payudara, paling rentan mengalami infeksi jamur akibat penggunaan pakaian basah dalam waktu lama.

3. Bau Tidak Sedap

Keringat itu sendiri tidak berbau. Namun, bakteri di kulit memecah komponen keringat menjadi asam yang menghasilkan bau tidak sedap. Membiarkan keringat yang menempel di badan justru akan semakin memperkuat aroma tak sedap tersebut.

4. Gangguan Termoregulasi

Salah satu fungsi keringat adalah membantu mengatur suhu tubuh. Pakaian basah yang menempel di kulit justru akan menghambat proses penguapan keringat. Akibatnya, kemampuan tubuh untuk mengatur suhu menjadi terganggu dan bisa menyebabkan ketidaknyamanan, bahkan potensi terjadinya mabuk panas (heatstroke) pada kondisi tertentu.

Tips Dampak Buruk Pakaian Berkeringat

  • Segera Ganti Baju: Biasakan untuk langsung mengganti pakaian setelah berkeringat. Pilih baju bersih dan kering yang terbuat dari bahan yang menyerap keringat dengan baik, seperti katun.
  • Mandi: Setelah ganti baju, disarankan untuk segera mandi untuk membersihkan keringat dan kotoran yang menempel di kulit.
  • Pilih Pakaian yang Tepat: Untuk aktivitas fisik, kenakan pakaian olahraga yang didesain khusus untuk menyerap keringat dan cepat kering.
  • Bawa Pakaian Ganti: Jika beraktivitas di luar ruangan dalam waktu lama, bawalah pakaian ganti untuk menjaga kenyamanan dan kesehatan kulit.

Dengan menghindari penggunaan pakaian berkeringat dalam waktu lama, Anda tidak dapat terhindar dari iritasi kulit, infeksi jamur, dan gangguan kesehatan lainnya.

Tinggalkan Balasan