Budaya Minangkabau Karakteristik Luak Limo Puluah (Nagari Koto Nan Godang Kota Payokumbuah)

Salingka Media – Budaya Minangkabau Karakteristik Luak Limo Puluah (Nagari Koto Nan Godang Kota Payokumbuah) Minangkabau atau disingkat Minang (Jawi: ميناڠكاباو) merupakan kelompok etnik Nusantara yang menghuni Sumatera bagian tengah, Indonesia. Secara geografis, persebaran etnik Minangkabau meliputi seluruh daratan Sumatra Barat kecuali Kabupaten Mentawai,separuh daratan Riau, bagian utara Bengkulu,bagian barat Jambi,pantai barat Sumatra Utara,pantai barat daya Aceh&Negeri Sembilan di Malaysia.

Merujuk pada entitas kultural&geografis yang ditandai dengan penggunaan bahasa,adat yang menganut sistem kekerabatan matrilineal dan identitas agama Islam.

Urang Minang dikenal dengan sebutan Urang Awak.Masyarakat Minang bertahan sebagai penganut matrilineal (garis ibu) terbesar di dunia.Memiliki tatanan Suku (Klan/Marga/Fam),tatanan wilayah adat yang dikenal sebagai Nagari (Desa).Selain itu, etnis ini telah menerapkan sistem proto-demokrasi sejak masa pra-Hindu dengan adanya kerapatan adat untuk menentukan hal-hal penting&permasalahan hukum.

Baca Juga :  Bupati Solok Selatan Serahkan Bantuan Gempa Ke Bupati Pasbar

Prinsip adat Minangkabau tertuang dalam pernyataan berbagai filosofi diantaranya Alam Takambang Jadi Guru dan sejak masuk Islam tertuang dalam pernyataan Adat basandi syarak, syarak basandi Kitabullah (Adat bersendikan hukum,hukum bersendikan Alquran) yang berarti adat berlandaskan ajaran Islam.

Dalam perkembangan wilayah dan peradaban kebudayaan.Minangkabau mengenal wilayah Darek (Asal),Rantau (Perkembangan)&Perantauan. Kawasan darek disebut juga dengan nama Luhak Nan Tigo,yang terdiri dari Luhak Limo Puluah,Luhak Agam&Luhak Tanah Data.

Wilayah Rantau di Minangkabau dikenal dengan Rantau Nan Duo terbagi atas Rantau di Hilia (kawasan pesisir timur) dan Rantau di Mudiak (kawasan pesisir barat).

Adat Salingka Nagari adalah adat yang berlaku dalam suatu Nagari sesuai dengan prinsip adat yang berlaku secara umum a/ adat sebatang panjang&diwarisi secara turun-temurun di Minangkabau.

Baca Juga :  Kota Padang Masuk Status Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level III

Sehingga memunculkan keragaman adat, budaya&tradisi sesuai pengembangan masing-masing.Seperti pada video diatas merupakan karakteristik budaya Minangkabau Luak Limo Puluah.Karena Minangkabau bukan hanya persoalan Rumah Gadang Bagonjong,suntiang,randang.Minangkabau itu beragam.

Sumber video dan keterangan : akun instagram @a._s._m

Tinggalkan Balasan