Zulkenedi Said Ajak Masyarakat Pasbar Ikut Berpartisipasi Dalam Pembangunan

Zulkenedi Said Ajak Masyarakat Pasbar Ikut Berpartisipasi Dalam Pembangunan
Zulkenedi Said Ajak Masyarakat Pasbar Ikut Berpartisipasi Dalam Pembangunan

KAPA, PASBAR, SALINGKA MEDIA – Zulkenedi Said S, Sos, SH, MSi, Ketua Komisi IV Bidang Pembangunan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat, mengajak masyarakat Kabupaten Pasaman Barat agar tidak kendor untuk turut berpartisipasi dalam tahapan pembangunan.

Hal itu ia sampaikan dalam kegiatan Sosialisasi Peraturan Daerah Provinsi Sumatera Barat nomor 6 tentang RPJMD, yang dipusatkan di Kantor Wali Nagari Kapa, Kecamatan Luhak Nan Duo, Minggu (24/04).

“Kesadaran itu penting digalang agar keselarasan serta kesinambungan tahapan pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah secara berjenjang tetap terlaksana sesuai target memenuhi hak masyarakat untuk mendapatkan pelayanan prima yang menjadi haknya, ” ungkapnya dihadapan para Ninik Mamak, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda dan segenap unsur pemerintahan Nagari dan masyarakat.

Baca Juga :  Anggota DPRD Pasaman Barat Dampingi Reses Anggota DPRD Sumbar

Pada kesempatan itu, ia juga mengingatkan pentingnya sinergitas dan keharmonisan program antar institusi terkait dalam unsur pemerintahan eksekutif guna menghindari terjadinya tumpang tindih kegiatan baik dalam perencanaan, penganggaran maupun azas manfaat yang akan diterima oleh masyarakat selaku objek pembangunan.

“Jangan sampai tahapan pembangunan yang dilaksanakan berlangsung tidak efektif, jauh dari prinsip-prinsip efisiensi dan miskin fungsi, ” tegasnya.

Senada, Prof DR Masmera, tenaga ahli DPRD Sumbar yang hadir sebagai narasumber, mengingatkan pentingnya keterlibatan masyarakat sejak dini dalam perencanaan pembangunan khususnya terkait infrastruktur pendukung.

“Banyak objek bangunan ketika direncanakan tidak akurat justru hanya akan menjadi sia-sia dan miskin manfaat, ” ungkapnya.

Hal itu, lanjutnya, tentu akan merugikan masyarakat yang menjadi sasaran dari tahapan pembangunan yang dilaksanakan tersebut.

Baca Juga :  Sosialisasi Rencana Pembangunan Jalan Dua Ruas Bundaran - Pasaman Baru

Menurutnya, kondisi seperti itu merupakan salah satu tantangan bagi para pemimpin saat ini dan calon pemimpin masa depan, jika ingin mendapatkan legitimasi dari masyarakat luas disamping memiliki kemampuan dalam memanfaatkan potensi yang ada dilingkungannya semata-mata demi kepentingan masyarakat luas.

Ia mengatakan, saat ini pihak DPRD Sumatera Barat melalui Anggota DPRD Sumbar, Zulkenedi Said, tengah menginisiasi sejumlah paket pembangunan khususnya kawasan pesisir dan permukiman di tingkat Nagari seperti Nagari Kapa.

“Semoga dengan kegigihan dan semangat juang masyarakat bersama wakil rakyat yang dipilihnya, mampu memberikan perubahan baru yang lebih baik dalam sendi-sendi kehidupan masyarakat, ” harapnya.

Sementara itu, Pj Wali Nagari Kapa, Edi Hartono S, Sos,I, mengapresiasi langkah yang telah dilakukan oleh legislator Zulkenedi Said, dalam mendorong pembangunan di daerah itu.

Baca Juga :  Jumat Berkah di Masjid Nurul Iman Lubuk Talang Kinali, Bupati Minta Tetap Jaga Silaturrahmi

“Semoga kerjasama dan kekompakan yang telah terbina lama dengan masyarakat, akan menjadi modal dasar yang kuat dalam mewujudkan kesetaraan bagi masyarakat dalam upaya membangun kesejahteraan bagi masyarakat luas, ” tutupnya.***Handrodonal

Tinggalkan Balasan