Pembukaan MTQ ke- 2 Masjid Raya Nurul Huda Jambak Selatan

Pembukaan MTQ ke- 2 Masjid Raya Nurul Huda Jambak Selatan

Salingka Media, Pasaman Barat – Pembukaan MTQ ke- 2 Masjid Raya Nurul Huda Jambak Selatan, Wabup Risnawanto : Bentuk Persiapan Menuju Lomba MTQ Provinsi dan Nasional. Dengan dilaksanakannya Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-2 Nurul Huda Jambak Selatan, membuktikan adanya peningkatan terhadap anak-anak dan generasi muda. Selanjutnya, kedepan bagaimana MTQ ini prestasi dan pelaksanaannya tidak hanya di Masjid Nurul Huda saja. Pasaman Barat (Pasbar) harus mempersiapkan diri, dan ini merupakan bentuk persiapan kita menuju MTQ tingkat Provinsi dan Nasional.

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Pasbar Risnawanto saat membuka pelaksanaan lomba MTQ yang ke-2 tahun 1443 H/2022 M di Masjid Raya Nurul Huda Jambak Selatan, Kecamatan Luhak Nan Duo, Sabtu (9/4/2022).

Baca Juga :  Pasaman Barat Siap Laksanakan Asesmen Nasional SMP Tahun 2022

Wabup Risnawanto menambahkan, Kabupaten Solok Selatan nantinya akan menjadi tuan rumah pelaksanaan lomba MTQ ke-40 tingkat provinsi. Sementara tingkat nasional akan digelar di Kalimantan Selatan. Untuk itu ia berharap, kafilah MTQ Pasbar dapat mengikuti lomba hingga tingkat provinsi dan nasional.

“Atas nama Pemda Pasbar kami sangat bermimpi, anak-anak kami dapat menembus baik tingkat provinsi maupun nasional. Kami mohon pada bapak-bapak al ustad dan pembimbing, agar membina generasi muda kita dan anak-anak kita di Pasbar ini agar dapat mengikuti hingga tingkat provinsi bahkan nasional. Inilah salah satu alasan, mengapa MTQ kita laksanakan baik di nagari dan di kecamatan. Mari kita dorong agar kegiatan seperti ini dapat berjalan setiap tahunnya”, ucap Risnawanto.

Baca Juga :  Kepala BPBD Pasaman Barat Armi nindel Harapkan Bandara laban bisa di aktifkan kembali

Sementara itu, pengurus masjid sekaligus panitia pelaksana Suharjo Lubis dalam penyampaian laporan panitia menyebutkan kegiatan MTQ yang dilaksanakan merupakan MTQ tahun kedua, dan berlangsung selama 8 hari kedepan hingga Nuzulul Al-Qur’an, yang diikuti oleh 129 peserta.

“Kegiatan ini menjadi agenda rutin kita setiap tahun. Ini adalah tahun kedua kita melaksanakannya. Alhamdulillah peserta yang sudah mendaftar berjumlah 129 orang. Jumlah peserta yang luar biasa yang ikut pada lomba MTQ tahun ini. Lombanya kita laksanakan mulai malam ini dan berakhir hingga 8 hari yang akan datang, insyaallah berakhir pada Nuzulul Al-quran”, ujar Suharjo.

Ia menambahkan, cabang MTQ yang diperlombakan pada MTQ ke 2 diantaranya ; pertama, lomba MTQ anak-anak, remaja, dewasa dan lansia. Kedua, azan tingkat anak-anak dan remaja. Ketiga, tahfidz yasin. Keempat, tahfidz 30 jus dan kelima, lomba pildacil. Seluruh peserta mendapatkan hadiah berbentuk piala, tabanas dan hadiah hiburan lainnya.

Baca Juga :  Pergantian Kapolres Pasaman Barat dari AKBP M. Aries Purwanto kepada AKBP Agung Basuki

Turut hadir pada pembukaan MTQ, Anggota DPRD Dedi Lesmana, Staf Ahli Adrianto, Kadis DPMN Randy Hendrawan, Kasatpol PP Hendri Wijaya, wali nagari, jorong, tokoh agama, tokoh masyarakat dan stakeholder terkait lainnya. Hms

Tinggalkan Balasan