Kopi Talua Minang, Minum Kopi Campur Telur, Ini Manfaatnya

Kopi Talua Minang, Minum Kopi Campur Telur, Ini Manfaatnya
Foto: Getty Images/iStockphoto/efired melalui food.detik.com

Salingka Media – Kopi dapat dinikmati dengan berbagai cara dan Anda dapat meraciknya sendiri. Salah satunya adalah Kopi Talua khas Minang yang menggunakan telur. Ternyata ini memiliki manfaat kesehatan!

Kopi bukanlah minuman yang populer akhir-akhir ini. Budaya minum kopi telah dipraktikkan selama berabad-abad, bahkan pertama kali ke Indonesia seperti yang dibawa oleh penjajah Belanda.

Sejak lama berdiri, beberapa daerah di Indonesia memiliki keistimewaan tersendiri dalam menyajikan kopi. Salah satunya Kopi Talua khas Minang yang menggunakan campuran telur di dalamnya.

Ternyata menambahkan telur membuatnya lebih dari sekadar krim asam. Secangkir kopi yang dicampur dengan telur memiliki banyak manfaat kesehatan.

1. Mengurangi resiko kanker

Pada tahun 2015, sebuah studi internasional oleh World Cancer Research Fund menemukan bahwa minum kopi dapat mencegah kanker. Bahkan dikatakan bahwa peminum kopi hidup lebih lama daripada peminum non kopi.

Hal ini juga dikonfirmasi oleh laporan ahli onkologi berdasarkan penelitian WHO. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menemukan bahwa kopi dapat mengurangi risiko kanker serviks dan kanker hati.

Baca Juga :  Guna Mengantisipasi PMK, Kapolsek Lembah Melintang Adakan Kegiatan Monitoring Di Nagari Ujung Gading

Ternyata selain sekedar minum kopi, menambahkan telur ke dalam secangkir kopi bisa memiliki manfaat lain. Para ahli telah menemukan bahwa telur yang dicampur dengan secangkir kopi mengurangi risiko kanker payudara.

2. Mata sehat

Minum dari secangkir kopi, banyak yang mengaku matanya lebih segar dan rasa kantuknya hilang. Ternyata ini bukan hanya pernyataan lisan.

Kandungan kafein dalam kopi dapat membantu melebarkan pupil dengan merangsang produksi hormon. Kopi telur merupakan salah satu cara mengkonsumsi vitamin A yang dapat menyehatkan mata.

3. Membangun massa otot

Ternyata selain meningkatkan produksi energi, meminum racikan kopi yang tepat juga bisa membantu membentuk otot. Blend kopi telur ini cocok untuk orang yang ingin membentuk massa otot.

Kandungan protein telur ayam dan asam amino merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh otot. Campuran kopi dan telur ini juga dapat membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kualitas tulang.

Baca Juga :  Seorang Wanita Digelandang Satpol PP Padang Di Sebuah Kafe

4. Meminimalkan penyakit jantung

Menurut berbagai penelitian, peminum kopi aktif memiliki risiko 3-5 kali lebih rendah terkena penyakit jantung. Hal ini karena kopi secara alami mengandung antioksidan yang memberikan efek positif bagi kesehatan jantung.

Selain kandungan antioksidan pada kopi, para ilmuwan juga memiliki fakta tentang telur yang ditambahkan pada kopi. Campuran kopi dan telur dapat membantu para ahli mengurangi risiko penyakit jantung koroner sebesar 12%.

5. Mengatasi rematik

Para peneliti di Brigham and Women’s Hospital memiliki bukti bahwa manfaat campuran kopi dan telur ini luar biasa. Konon kopi memiliki khasiat untuk mempercepat proses metabolisme dan mencegah masalah persendian.

Nutrisi dan vitamin yang cocok dikonsumsi oleh orang dewasa yang rentan terhadap rematik atau artritis. Mengkonsumsi kopi dan telur juga membantu mengatasi batu empedu yang tidak bisa diobati dengan minuman lain seperti teh.

6. Mengurangi resiko sirosis

Seiring dengan jantung dan tekanan darah tinggi, kesehatan hati merupakan salah satu hal yang harus selalu diperhatikan. Untuk menjaganya, Anda bisa melakukannya secara alami dengan rutin mengonsumsi kopi telur.

Baca Juga :  Satpol PP Kota Padang Menangkap 14 Orang Di Sejumlah Salon "Plus-Plus" Berkedok Salon Kecantikan Dan Spa

Sekelompok ilmuwan dari University of Southampton menemukan bahwa khasiat kopi dan telur yang bermanfaat memiliki khasiat yang baik dalam mencegah sirosis. Secara khusus, peminum kopi 65% lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan sirosis hati.

7. Mencegah diabetes tipe 2

Ternyata selain protein dan kafein, kopi telur juga mengandung zat bernama cafestol. Cafestol yang masuk ke dalam tubuh dapat membantu mengurangi jumlah insulin di pankreas.

Kadar insulin yang berlebihan ini merupakan salah satu awal dari diabetes tipe 2. Setelah kadar insulin di pankreas dapat dikendalikan, risiko diabetes pada peminum kopi telur juga akan berkurang.

Referensi dan sumber : Diah Afrilian dari detikFood

Dapatkan update berita salingkamedia.com di akun facebook salingka media @salingkamedia serta ikuti juga kami di Google News pada link ini Salingka Media Google News

Tinggalkan Balasan