Padang  

Literasi Digital, Netizen Fair – Diskominfo Kota Padang Hadir Memberikan Edukasi Bagi Netizen

Literasi Digital, Netizen Fair - Diskominfo Kota Padang Hadir Memberikan Edukasi Bagi Netizen
Literasi Digital, Netizen Fair – Diskominfo Kota Padang Hadir Memberikan Edukasi Bagi Netizen

Salingka Media, Padang – Literasi Digital, Netizen Fair 2021 Diskominfo Kota Padang hadir memberikan edukasi bagi netizen, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadiskominfo) Kota Padang Rudy Rinaldy tampil sebagai pembicara dalam talkshow bertema “Membahas Literasi Digital” pada kegiatan Literasi Digital Netizen Fair 2021, di Sport & Exhibition Hall UPI, Padang, Selasa (23/11/2021). Kadiskominfo Padang saat ini cukup banyak beredar berita bohong di dunia maya. Namun, hingga kini sulit melacak penyebar berita bohong tersebut.

“Kami (Dinas Kominfo Padang) hanya mengedukasi warganet agar termakan berita hoax,” ujarnya di hadapan ratusan undangan yang hadir di Sport & Exhibition Hall UPI.

Dikatakannya, pengguna internet di Padang relatif menggunakan media sosial sebagai wadah untuk menyebarluaskan dan menyebarkan informasi. Dari penggunanya yang cukup banyak, media sosial tidak dimanfaatkan untuk hal-hal yang positif. Namun ada juga yang memanfaatkannya untuk hal-hal yang negatif.
“Apalagi penyebaran informasi yang belum diketahui kebenarannya, belum diketahui kebenarannya atau tidak disebarluaskan, kebenarannya harus diketahui terlebih dahulu baru kemudian disebarluaskan,” kata Rudy Rinaldy.

Selain Kadiskominfo Padang, hadir pula narasumber yaitu Ndoro Kakung. Steering Committee for Cybercreation and Digital Practitioners mengatakan pengguna media sosial di Indonesia memiliki lebih dari 200 juta pengguna. Dari sekian banyak pengguna media sosial, rata-rata setiap orang memiliki sepuluh akun di media sosial yang berbeda.

“Mereka telah menggunakan media sosial selama 8,5 jam untuk berselancar di dunia maya setiap hari,” jelasnya.

Ndoro Kakung juga berpesan kepada seluruh anak muda di Padang untuk lebih bijak dalam menggunakan media sosial. Manfaatkan media sosial untuk hal-hal yang positif. Karena media sosial meninggalkan jejak digital yang bertahan selamanya.

“Jangan sampai kita tidak bekerja hanya karena jejak digital kita terpantau oleh calon pemimpin tempat kita melamar pekerjaan,” ujarnya.

Literasi Digital, Netizen Fair - Diskominfo Kota Padang Hadir Memberikan Edukasi Bagi Netizen

Talkshow ini dipandu langsung oleh Cecevie yang tampil sebagai moderator. Talkshow selama lebih dari satu jam berlangsung cukup hangat di siang hari. Para kawula muda tampak senang mendengar pemaparan langsung dari masing-masing presenter.

Kegiatan Literasi Digital Netizen Fair 2021, di Sport & Exhibition Hall UPI dibuka oleh Gubernur Sumbar. Kepala Bidang Discominfotik IKP Indra Sukma yang hadir mewakili gubernur mengatakan kegiatan ini cukup positif. Mampu mewujudkan transformasi digital.

“Kami berharap melalui kegiatan ini masyarakat lebih peka terhadap teknologi digital yang dapat mempermudah dan mengefektifkan kinerja kami dari berbagai bidang,” tulisnya.

Indra Sukma, dalam beberapa tahun terakhir Indonesia berada dalam situasi yang mengkhawatirkan. Ini karena banyak konten negatif, seperti hoax, cyberbullying, kebencian, pornografi, pembajakan, dan sebagainya.

“Oleh karena itu, perlu dilakukan tindakan preventif agar masyarakat kita tidak mudah terkena dampak negatif dari teknologi dan media, salah satunya melalui kegiatan ini (Digital Literacy Netizen Fair 2021),” ujarnya.

Digital Literacy Netizen Fair 2021 akan digelar selama dua hari, 23-24 November 2021. Tidak hanya talkshow, tapi juga training of trainers, dan lain-lain. Kegiatan yang digagas oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia ini diharapkan dapat menarik perhatian anak muda di Kota Padang dan daerah lainnya. Ch/Hms

Baca Juga :  Ketua Umum NPC Sumbar Apresiasi Polisi karena fasilitasi Disabilitas Urus SIM D

Tinggalkan Balasan