BNNK Pasaman Barat Gelar Olahraga Jalan Santai dan Sosialisasi Terhindar dari Bahaya Narkoba

BNNK Pasaman Barat Gelar Olahraga Jalan Santai dan Sosialisasi Terhindar dari Bahaya Narkoba - salingka media
BNNK Pasaman Barat Gelar Olahraga Jalan Santai dan Sosialisasi Terhindar dari Bahaya Narkoba – salingka media

Salingka Media, Pasaman Barat – BNNK Pasaman Barat gelar olah raga jalan santai dan sosialisasi terhindar dari bahaya narkoba. Dalam rangka Hari Ulang Tahun ke 20 Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Pasaman Barat gelar olahraga jalan Santai, Sosialisasi Intervensi berbasis masyarakat (IBM), dan kegiatan pembinaan remaja usia sekolah agar terhindar dari bahaya Narkoba dan ngopi bareng komunitas pegiat anti narkoba.

Kepala BNNK Pasbar , Irwan Effenry AM.SH. MM mengatakan “Besok Selasa (22/3) kita akan laksanakan peringatan hari ulang tahun Badan Narkotika  ke-20 dengan kegiatan Zoom Meeting antar Forkompinda Kabupaten Pasaman Barat. Dilanjutkan nonton bareng film dokumentasi BNN dengan mengajak komunitas Vespa Pasbar,” katan Irwan Senin (21/3) di Simpang Empat.

Sebelumnya BNNK Pasaman Barat melaksanakan Sosialisasi intervensi berbasis masyarakat mulai Januari 2022 secara berkelanjutan di seluruh nagari se Pasaman Barat.

Baca Juga :  Satresnarkoba Polres Pasaman Barat Kembali Meringkus Pengedar Ganja di Ujung Gading

“Sampai bulan maret kita laksanakan IBM dengan pemberdayaan kesadaran hukum masyarakat di nagari Lingkuang Aua dan Kinali” katanya.

“Intervensi Berbasis Masyarakat merupakan intervensi di bidang rehabilitasi terhadap penyalahguna narkoba yang dirancang dari masyarakat, untuk masyarakat dan oleh masyarakat melalui Agen Pemulihan sesuai dengan kearifan lokal” imbuh Irwan didampingi Dewi Roza Rianti,S.Psi sub koordinator rehabilitasi BNNK Pasbar.

Nantinya, Agen Pemulihan mempunyai peran dalam menangani penyalahgunaan narkoba dengan risiko tingkat ringan sampai sedang. sedangkan untuk tingkat risiko sedang sampai berat, klien akan dirujuk ke lembaga rehabilitasi, fasilitas kesehatan ataupun instansi terkait lainnya.

Baca Juga :  Polres Pasaman Barat Laksanakan Sepeda Santai (Fun Bike) Dalam Rangka Memeriahkan Ulang Tahun Bhayangkara Ke 76

“Ketika Agen Pemulihan dilakukan oleh masyarakat sendiri maka hal tersebut akan timbul rasa saling memiliki, saling tanggung jawab dan saling peduli kepada anggota masyarakatnya”, ungkap Dewi Roza.

Dengan adanya kegiatan ini kami telah bekerja sama dengan para kepala Jorong,Wali Nagari,Camat Bhabinkamtibmas dan Babinsa di masing-masing Nagari

“Kita retrut Agen Pemulihan sebanyak 5 orang yang berasal dari tokoh masyarakat dan organisasi wanita PKK. Satu Agen pemulihan melayani empat klien korban penyalahgunaan narkoba dengan tingkat resiko ringan dan sedang”. jelasnya.

BNNK Pasbar baru menerbitkan SK penepatan lokasi dan diteruskan ke dari nagari. Nantinya Wali yang menerbitkan SK untuk agen Pemulihan tersebut

“Lokasi IBM terletak di Nagari Bersinar (Bersih Narkoba) diantaranya Kinali, Aua Kuniang dan Ujunggading. kedepannya kita tambah 3 lagi Nagari Bersinar ini. Kita sasar teman sebaya  para remaja yang mudah rentan penyalahgunaan  narkoba. Mari bera kita perangi Narkoba” pungkasnya Irwan mengakhiri. Hms

Tinggalkan Balasan