Global  

Suar Matahari X8.8 Mengganggu Komunikasi Radio dan Teknologi

Suar Matahari X8.8 Mengganggu Komunikasi Radio dan Teknologi
Sun news for May 15, 2024: BAM! The largest flare of Cycle 25 so far. Hasil tangkapan layar dari video yang diunggah akun instagram @thesuntoday

Salingka Media – Pada Mei 2024, aktivitas matahari mengalami lonjakan signifikan dengan munculnya suar matahari X8.8, salah satu yang terbesar dalam siklus matahari ini. Suar ini, yang diproduksi oleh area aktif AR3664, telah menyebabkan gangguan pada komunikasi radio dan teknologi lainnya di Bumi, menyoroti dampak signifikan dari aktivitas matahari terhadap teknologi modern.

Apa Itu Suar Matahari?

Suar matahari adalah ledakan energi yang sangat kuat di atmosfer matahari, yang memancarkan radiasi elektromagnetik. Suar diklasifikasikan ke dalam beberapa kelas berdasarkan intensitasnya: A, B, C, M, dan X, dengan X menjadi yang paling kuat. Suar X8.8 ini termasuk dalam kategori yang paling ekstrem, dan memiliki potensi untuk menyebabkan gangguan besar pada komunikasi radio, navigasi satelit, dan bahkan jaringan listrik di Bumi

Dampak Suar X8.8

Pada 15 Mei 2024, suar X8.8 terjadi di area aktif AR3664, tepat sebelum area ini berputar keluar dari pandangan Bumi. Meski sebagian area tersebut sudah tidak terlihat, suar tetap memicu gangguan signifikan. Beberapa dampak utama yang diamati meliputi:

  1. Gangguan Radio: Suar ini menyebabkan gangguan radio R3 (pemadaman radio kuat) di wilayah Republik Dominika dan Oman. Ini menyebabkan pemadaman sementara pada komunikasi radio frekuensi tinggi yang penting untuk penerbangan dan layanan maritim
  2. Gangguan Satelit: Radiasi dari suar juga dapat mengganggu operasi satelit, mengurangi akurasi GPS, dan bahkan merusak perangkat elektronik pada satelit yang tidak terlindungi dengan baik.

  3. Pengaruh pada Jaringan Listrik: Suar matahari yang kuat juga bisa menginduksi arus listrik dalam jaringan listrik di Bumi, yang dapat menyebabkan pemadaman listrik di wilayah yang luas.

Langkah Mitigasi

Badan-badan seperti Pusat Prediksi Cuaca Antariksa (SWPC) dan lembaga antariksa lainnya terus memantau aktivitas matahari secara ketat. Mereka memberikan peringatan dini kepada industri yang terkena dampak, seperti penerbangan, navigasi maritim, dan operator satelit, untuk mengurangi risiko. Langkah-langkah mitigasi seperti pengalihan rute penerbangan, penyesuaian operasi satelit, dan proteksi jaringan listrik diimplementasikan selama periode aktivitas matahari tinggi .

Suar matahari X8.8 baru-baru ini menunjukkan betapa besar pengaruh aktivitas matahari terhadap teknologi kita. Dengan ketergantungan yang semakin besar pada teknologi yang rentan terhadap gangguan matahari, pemantauan dan mitigasi yang efektif menjadi sangat penting. Ilmuwan terus mempelajari fenomena ini untuk meningkatkan prediksi dan respons terhadap dampak aktivitas matahari.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat merujuk ke laporan lengkap di EarthSky dan SpaceWeatherLive

Tinggalkan Balasan