Gubernur Mahyeldi Dukung Revitalisasi Lokasi Bersejarah Peristiwa Situjuah

Gubernur Mahyeldi Dukung Revitalisasi Lokasi Bersejarah Peristiwa Situjuah

Salingkamedia.com, Lima Puluh Kota – Gubernur Mahyeldi Dukung Revitalisasi Lokasi Bersejarah Peristiwa Situjuah. Gubernur Sumatera Barat (Sumatera Barat) Buya Mahyeldi menyambut baik rencana revitalisasi situs bersejarah Peristiwa Situjuah, di Desa Kincia, Desa Situjuah Batua, Kecamatan Limo Nagari, Kabupaten Limapuluh Kota. Bahkan gubernur mengatakan akan membantu niat baik demi melestarikan nilai-nilai sejarah untuk generasi mendatang.

Hal itu diungkapkan Buya Mahyeldi usai memimpin upacara ziarah makam dan tabur bunga, dalam rangka memperingati HUT ke-73 peristiwa Situjuah, Sabtu (15/1/2022).

“Kami membuat diorama peristiwa Situjuah sedemikian rupa agar asli. Dimana posisi rumah tempat pertemuan diadakan, posisi duduk peserta pertemuan, kincir air, surau dan posisi Belanda. penjajah yang mengepung lokasi. Suasana 15 Januari 1949 kami hadirkan. Bupati tolong buatkan panitia dan desain, kami dari provinsi akan membantu. Termasuk museum dan fasilitas lainnya seperti parkir,” kata Gubernur.

Baca Juga :  Bank Nagari Luncurkan Program MaRandang Balabo KUR

Bupati Safaruddin juga mengatakan akan segera merestorasi lokasi bersejarah tersebut dengan menghadirkan taman makam pahlawan yang representatif di Kabupaten Limapuluh Kota.

“Kami akan segera berupaya mengembalikan lokasi makam pahlawan. Segera akan kami lakukan sebagai upaya menghadirkan taman makam pahlawan yang representatif di Kabupaten Limapuluh Kota sesuai dengan semangat otonomi daerah,” kata Safaruddin. Hms

Tinggalkan Balasan