News  

Dipuji Sebagai Aquaman, Bertahan Hidup 27 Jam di Laut Usai Tsunami di Tonga

Dipuji Sebagai Aquaman, Bertahan Hidup 27 Jam di Laut Usai Tsunami di Tonga
Lisala Folau (tengah) bertahan hidup 27 jam di laut usai tersapu tsunami di Tonga. (Foto/CNN)

Salingkamedia.com – Dipuji sebagai Aquaman, bertahan hidup 27 jam di laut usai tsunami di tonga. Seorang pria 57 tahun yang dipuji sebagai Aquaman dalam kehidupan nyata untuk bertahan hidup 27 jam di laut setelah tsunami dahsyat hari Sabtu menghantam Tonga.

Pulau tempat tinggalnya dilanda gelombang tinggi. Dia tenggelam sembilan kali sebelum dia bisa mencapai batang kayu yang akhirnya menyelamatkannya.

“Untuk kedelapan kalinya saya berpikir, lain kali saya akan pergi ke bawah air itu saja, karena hanya tangan saya yang menahan saya di atas air,” kata Lisala Folau di ibu kota Tonga, Nuku ‘alofa. /2022).

Menurut CNN, perjuangan Lisala Folau cukup mengejutkan untuk bertahan hidup selama itu di atas air mengingat kondisinya yang cacat dan tidak bisa berjalan dengan baik.

Baca Juga :  Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns Berhasil Gagalkan Penyelundupan Mobil Asal Malaysia

“Jadi kesembilan kalinya saya turun dan datang dan mengambil kayu itu. Dan itulah yang membuat saya terus berjalan,” katanya.

Letusan gunung berapi Hunga Tonga-Hunga Ha’apai menewaskan sedikitnya tiga orang dan mengirimkan gelombang tsunami ke seluruh kepulauan Tonga, menghancurkan desa-desa dan tempat peristirahatan serta memutus komunikasi bagi 105.000 orang di negara itu.

Folau, yang tinggal di pulau terpencil Atata, dengan populasi sekitar 60 orang, tersapu ke laut pada Sabtu malam.

Saat itu dia sedang berjuang untuk memanjat pohon untuk menghindari gelombang pertama tetapi ketika dia turun, dia tersapu oleh gelombang besar lainnya.

“Saya bisa mendengar anak saya memanggil dari tanah tetapi saya tidak mau menjawab karena saya tidak ingin dia berenang keluar untuk menemukan saya,” kata Folau.

Baca Juga :  Jepang menciptakan Paus besar Taigei class

“Ombak terus berputar kesana kemari. Yang terlintas dalam pikiran adalah, di laut ada hidup dan mati. Sampai kamu mencapai pantai, baru kamu akan tahu apakah kamu hidup atau mati.”

Folau mengatakan dia perlahan berhasil berenang 7,5 kilometer (4,7 mil) ke pulau utama Tongatapu selama 27 jam.

Dia hanya bisa mencapai pantai pada Minggu malam.

Kepahlawanannya telah menjadi viral di media sosial, dengan satu posting Facebook menyebutnya “Aquaman kehidupan nyata”, mengacu pada buku komik dan karakter film.

Ketika ditanya apakah dia tahu siapa Aquaman, Folau menjawab tidak.

Atata, sekitar 8 kilometer (4,9 mil) barat laut Nuku’alofa, atau perjalanan perahu selama 30 menit, hampir hancur total oleh tsunami yang melanda pulau-pulau itu.

Tinggalkan Balasan