News  

Resmikan Masjid Safinatul Ulum UIN Raden Intan Lampung, Wapres Harapkan

Resmikan Masjid Safinatul Ulum UIN Raden Intan Lampung, Wapres Harapkan

Salingkamedia.com, Bandar Lampung – Resmikan Masjid Safinatul Ulum UIN Raden Intan Lampung, Wapres Harapkan. Sebelum menutup Muktamar Nahdlatul Ulama ke-34 di Kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung, Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin berkesempatan meresmikan pembangunan Masjid Safinatul Ulum di UIN Raden Intan, Jumat (24/12/2021).

Usai penandatanganan prasasti peresmian masjid berkapasitas 6000 jamaah tersebut, Wapres mengungkapkan keberadaan masjid di tengah kampus sangat penting agar terjadi perpaduan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dengan Iman dan Takwa (IMTAK).

“Kami hanya berharap masjid ini bisa menjadi semacam pelengkap kampus. Itu penting, menurut saya, agar penguasaan iptek disertai dengan keimanan dan ketakwaan,” kata Wapres.

Baca Juga :  Polres Tanggamus Tangkap Oknum Guru Ngaji Tersangka Dugaan Pencabulan terhadap 7 Muridnya

Dengan demikian, lanjutnya, di kampus ini mahasiswa diharapkan tidak hanya menguasai hukum alam (takwini) tetapi juga hukum syariah (tasyri’i).

Resmikan Masjid Safinatul Ulum UIN Raden Intan Lampung, Wapres Harapkan

“Antara penguasaan nidzom takwini (ilmu alam) dan nidzom tasyri’i (ilmu syari’at), keduanya dikuasai,” katanya.

Tujuannya, kata Wapres, untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas.

“Kalau takwini itu soal bagaimana membangun kesejahteraan, di sini (masjid) adalah taklifi (religius), sehingga nidzom rabbani (hukum Tuhan), baik takwini maupun taklifi bisa disatukan di kampus, yaitu (untuk) menghasilkan sumber daya manusia. yang berkualitas,” ujarnya.

Untuk itu, Wapres berharap kampus-kampus, terutama yang bersifat umum, memiliki masjid.

“Saya kira kita sangat berharap nanti di semua kampus (Islam) ada masjid, terutama di perguruan tinggi negeri,” pungkasnya.

Baca Juga :  Dukung Ekonomi Keuangan Syariah, Wapres Minta HIPMI Bangun Inkubasi

Tutut mendampingi Wapres pada peresmian Masjid Safinatul Ulum, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, Panitia Pengarah Kongres NU ke-34 Muhammad Nuh, dan Rektor UIN Raden Intan Lampung Moh. Mukri. Hms/(EP-BPMI Setwapres)

Tinggalkan Balasan