Jelang Tutup Tahun, Harga Cabai Rawit dan Buncis Naik

Jelang Tutup Tahun, Harga Cabai Rawit dan Buncis Naik

Salingkamedia.com, Padang Panjang – Jelang Tutup Tahun, harga cabai rawit dan buncis naik. Menjelang penutupan tahun 2021, kenaikan harga komoditas tertinggi terjadi pada komoditas Cabai rawit dan Kacang-kacangan. Cabai Rawit naik 28,42 persen dan Buncis 40 persen dari periode pekan sebelumnya.

Demikian disampaikan Kepala Bidang Ekonomi dan Sumber Daya Alam, Putra Dewangga, SS, M.Si kepada Kominfo, Rabu (29/12).

Ia mengatakan, saat ini Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) belum mengambil langkah strategis. Hal ini dikarenakan dari pantauan harga kebutuhan pokok yang mulai mengalami kenaikan harga di Kota Padang Panjang adalah komoditas cabai rawit.

“Kenaikan harga belum mempengaruhi daya beli masyarakat. Ini menggambarkan, secara khusus cabai rawit di daerah kita belum menjadi komoditas utama,” ujarnya.

Baca Juga :  Penemuan Mayat di Singgalang, diduga Karena Takut Hamil, Pelaku Membunuh Kekasihnya dan dikubur Dalam Rumah

Sedangkan komoditas andalan masyarakat Padang Panjang, kata dia, adalah Cabai Merah yang justru mengalami penurunan harga sebesar 5 persen dari pekan sebelumnya.

Secara umum, lanjutnya, laju inflasi di Sumbar hingga November 2021 masih dipengaruhi oleh beberapa komoditas. Seperti angkutan udara, Cabai Merah, Minyak Goreng, Telur Ayam dan perhiasan emas.

“Untuk indeks laju inflasi Kota Padang Panjang saat ini masih mengacu pada laju inflasi Kota Bukittinggi. Dari data inflasi per November 2021, laju inflasi Kota Bukittinggi sebesar 0,40 persen. . Untuk data inflasi Desember baru didapat per Januari 2022,” jelasnya. hms/cigus

Tinggalkan Balasan