Di Jepang ada jalan tol unik karena jalan tol ini menembus gedung bertingkat

Di Jepang ada jalan tol unik karena jalan tol ini menembus gedung bertingkat
Foto: Di Jepang ada jalan tol unik karena jalan tol ini menembus gedung bertingkat

Salingkamedia.com, Jepang – Di Jepang ada jalan tol unik karena jalan tol ini menembus gedung bertingkat. Jalan tol bernama Hanshin ini memiliki panjang 240km menghubungkan Kota Osaka, Kobe dan Kyoto.

Jika menggunakan jalan tol ini, pengendara mobil akan masuk kedalam gedung dan ke luar dari sisi yang lain. Yang membedakan dan membuatnya spesial adalah ketika jalan Inio masuk ke Kota Osaka.

Pada salah satu bagian terdapat satu jalur tol yang menerobos masuk ke dalam gedung. Gedung tersebut bernama Gate Tower Building, sebuah bangunan perkantoran yang terdiri dari 16 lantai.

Hanshin Expressway bukan saja sekadar menerobos masuk, melainkan menembus gedung tersebut. Atau kalau bisa dikatakan, Hanshin Expressway masuk ke dalam terowongan yang sebenarnya adalah sebuah gedung.

Gate Tower Building mengorbankan tiga lantainya dibolongi untuk memberi akses Hanshin Expressway, agar bisa dilewati para pengguna mobil. Lantai yang dikorbankan adalah lantai lima, enam dan tujuh.

Berdasar sejarahnya, jalan tol menembus gedung ini bermula ketika pemerintah Osaka tengah melakukan pengembangan ulang tata letak kota di tahun 1983. Termasuk memperpanjang jarak tol Hanshin hingga sampai ke Fukushima-ku.

Namun di sini muncul hambatan lantaran tidak semua masyarakat yang tinggal di area pembangunan jalan tol rela menjual tanahnya. Begitu pula dengan pemilik gedung yang diketahui merupakan seorang pengusaha batu bara dan kayu.

Pemilik gedung tidak mau menjual tanahnya untuk dijadikan infrastruktur jalan tol. Tetapi pemerintah tak tinggal diam, mereka sempat berencana akan mencabut izin mendirikan bangunan di lokasi tersebut.

Akhirnya dengan negosiasi yang panjang, terjadi kesepakatan antara pemilik gedung dan pemerintah Osaka. Dan hasilnya adalah, jalan tol boleh dibangun dengan menghilangkan beberapa lantai gedung itu.
Source : NHK Japan, Halo Jepang

Baca Juga :  Ungkap Peredaran Sabu Kota Pinang dan Ganja di Kota Rantau Prapat

Tinggalkan Balasan