Pemkab Pasbar Ikut Upacara Hari Kesaktian Pancasila 2021

Pemkab Pasbar Ikut Upacara Hari Kesaktian Pancasila 2021

Salingka Media, Pasaman Barat – Pemkab Pasbar Ikut Upacara Hari Kesaktian Pancasila 2021. Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) menghadiri upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila, 1 Oktober 2021 yang dilakukan oleh Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo, di Monumen Pancasila Sakti, Jumat (1 /10) secara virtual di aula kantor bupati setempat.

Hari Kesaktian Pancasila diperingati untuk mengingatkan masyarakat tentang ideologi Pancasila yang tidak dapat dipahami dengan pemahaman lain. Hari Kesaktian Pancasila erat kaitannya dengan Gerakan 30 September (G30S/PKI). Peristiwa itu mengakibatkan tewasnya 6 perwira tinggi dan 1 perwira menengah TNI AD.

Sebelumnya, masyarakat Pasbar juga diminta mengibarkan bendera setengah tiang pada 30 September sebagai tanda duka atas meninggalnya beberapa perwira TNI. Pada tanggal 1 Oktober, pengibaran bendera setinggi-tingginya sebagai lambang kemenangan atau kekuatan Pancasila yang mampu menangkal ancaman ideologi komunis.

Baca Juga :  Anggota DPRD Pasbar dampingi Wabup Risnawanto Hadiri Pengajian Rutin Wirid Yasin Di Masjid Nurul Huda Tampuniak Kinali

Pemkab Pasbar Ikut Upacara Hari Kesaktian Pancasila 2021

Dalam pembacaan ikrar Upacara Hari Kesaktian Pancasila, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani berharap Hari Kesaktian Pancasila dapat dijadikan sebagai momentum dalam menjaga dan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Indonesia.

“Maka ke hadapan Tuhan Yang Maha Esa, dalam mendukung Hari Kesaktian Pancasila, kami bertekad untuk menjaga dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan untuk memperjuangkan kebersamaan, kebenaran, dan keadilan demi keutuhan NKRI. Indonesia,” kata Puan Maharani.

Hal senada juga disampaikan Wakil Bupati Pasaman Barat Risnawanto, ia menegaskan peringatan Hari Kesaktian Pancasila harus dijadikan momentum untuk memperkokoh NKRI dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika.
“Tanpa Pancasila, tanpa Bhinneka Tunggal Ika kita akan terpecah belah. Hari Kesaktian Pancasila ini tentunya akan memperkuat rasa persatuan menuju Indonesia Tangguh berdasarkan Pancasila,” ujarnya.

Baca Juga :  Koni Pasbar Masa Bakti 2021-2025 Resmi Dilantik, Hamsuardi : Bina atlet agar terus berprestasi

Pemkab Pasbar Ikut Upacara Hari Kesaktian Pancasila 2021

Risnawanto juga mengajak generasi muda sebagai generasi penerus, untuk memaknai makna Pancasila yang merupakan lambang Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Pemuda saat ini mungkin tidak fokus memaknai makna Pancasila. Tentu kita mengajak generasi muda, pelajar, dan mahasiswa, mari kembali ke Pancasila. Lanjutkan perjuangan para pahlawan kita dalam menjaga persatuan dan kesatuan negara kita,” ujar Risnawanto.

Hadir dalam peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Pasaman Barat, Sekda dan Kepala OPD. Hms

Tinggalkan Balasan