Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2022 di Dharmasraya – Ketahan Ekologi, Ekonomi dan Social Masyarakat

Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2022 di Dharmasraya – Ketahan Ekologi, Ekonomi dan Social Masyarakat

Salingka Media, Dharmasraya – Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2022 di Dharmasraya – Ketahan Ekologi, Ekonomi dan Social Masyarakat, Pemkab Dharmasraya Gelar HPSN, warga diminta peduli akan kebersihan lingkungan.Bertepatan dengan Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2022 Pemkab Dharmasraya menggelar gotong royong (goro) bersama di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Km 4 Lintas Sumatera Nagari Sungai Kambut, Jum’at (18/02/22). Dalam acara HPSN dihadiri oleh Sekda Dharmasraya, Adlisman.

Kata Sekda, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2008 tentang pengelolaan sampah. Dimana untuk mengatasi masalah persampahan dibutuhkan program pengelolaan yang komprehensif dan terpadu, dari hulu ke hilir agar memberikan manfaat bagi masyarakat dan aman bagi lingkungan. SEhingga sampah tidak hanya menjadi timbunan di Tempat Pembuangan Akhir (TPA), tetapi menjadi sesuatu barang yang memiliki nilai guna dan nilai jual.

Baca Juga :  34 Unit R2 Knalpot Racing Berhasil diamankan Tim Gabungan Polsek Sungai Rumbai, Satlantas dan Pemnag

“HPSN tahun 2022 dimaksudkan untuk pelembagaan kepedulian sampah di tengah masyarakat dengan perspektif iklim yaitu ketahan ekologi, ekonomi dan social masyarakat. Karena tujuan peringatan HPSN 2022 adalah untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian seluruh stakeholder terhadap pemilihan sampah. Sosialisasi edukasi tentang mengelola sampah dan proklim di masyarakat, dan memperkuat peran pemerintah, pemerintah daerah, masyarakat dan pihak terkait dalam pengelolaan sampah yang komprehensif untuk memperkuat aksi nyata pengendalian perubahan iklim ditingkat tapak (tingkat paling dasar),” ungkap Sekda.

Dalam upaya mengatasi dan mencegah dampak perubahan iklim, dibtuhkan dan kerjsama yang komprehensif dari berbagai pihak, pemerintah, pelaku usaha, institusi non pemerintah dan seluruh elemen masyarakat. Untuk mencegah dampak perubahan iklim dan peningkatan emisi gas rumah kaca (GRK) perlu dilakukan upaya mitigasi salah satunya adalah dengan melakukan upaya pengelolaan sampah yang baik dan benar. Dan mengurangi timbunan sampah plastik terutama dimulai dari rumah atau kantor masing-masing.

Baca Juga :  Polres Dharmasraya Ringkus Satu Tersangka Tambang Ilegal

Pemerintah telah mengeluarkan kebijakan dan strategi nasional pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga (jakstranas) sebagaimana tercantum di dalam Peraturan Presiden Nomor 97 tahun 2017, sebagai pedoman pengelolaan sampah secara terintegrasi dari hulu ke hilir. Sejalan dengan itu Pemkab Dharmasraya telah menyusun kebijakan strategis daerah berupa, Peraturan Bupati Nomor 40 Tahun 2018 tentang kebijakan dan strategi Kabupaten Dharmasraya dalam pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga.

Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2022 di Dharmasraya - Ketahan Ekologi, Ekonomi dan Social Masyarakat

Selain itu, Surat Edaran Bupati Nomor : SE/282/P2LB3PP/DLH-2018 tentang himbauan penyediaan hidangan rapat bebas kemasan plastic. Dan surat Edaran Bupati Nomor : 660/076/DLH-2021 tentang himbauan penggunaan tumbler atau botol minum dan penyediaan tempat sampah di mobil dinas.

Baca Juga :  Diduga Seorang Pemuda Melarikan dan Mencabuli Perempuan dibawah Umur hingga Hamil Berhasil Diringkus Polisi Dharmasraya

“Didalam jakstrada Pemkab Dharmasraya telah menargetkan pengurangan sampah sebesar 30 persen, dan peningkatan penanganan sebesar 70 persen di tahun 2025. Untuk target tahun 2021 pengurangan yaitu 24 persen dan capaian sebesar 11,34 persen. Sedangkan penanganan targetnya 74 persen dengan capaian 78,71 persen. Tahun 2022 ini ditargetkan pengurangan sampah sebesar 26 persen dengan penanganan 73 persen yang harus terus ditingkatkan pelayanannya.

Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2022 di Dharmasraya - Ketahan Ekologi, Ekonomi dan Social Masyarakat

“Pengelolaan sampah adalah kewajiban kita bersama sebagai penghasil sampah. Oleh karena itu, kita harus bertanggung-jawab menjaga lingkungan agar tetap bersih dan sehat. Serta meningkatkan kerjasama dalam upaya untuk mengelola sampah secara berkelanjutan,” pungka Sekda. Hms

Tinggalkan Balasan