Polri Mengirimkan 7 Polwan untuk Tugas Pelayanan Ibadah Haji: Ini Peran Mereka

Polri Mengirimkan 7 Polwan untuk Tugas Pelayanan Ibadah Haji: Ini Peran Mereka
Polri Mengirimkan 7 Polwan untuk Tugas Pelayanan Ibadah Haji: Ini Peran Mereka (Dok. Humas)

Salingka Media – Polri telah mengirimkan tujuh Polwan ke Arab Saudi untuk bertugas sebagai Petugas Pelayanan Ibadah Haji (PPIH). Pengiriman ini merupakan bagian dari tugas Polri dalam melindungi jemaah haji Indonesia.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko, menjelaskan bahwa ketujuh Polwan ini berasal dari berbagai unit di Lemdiklat Polri, SSDM Polri, Polda Jawa Tengah, Baharkam Polri, dan Polda Metro Jaya.

“Pengiriman tujuh Polwan ini adalah bukti komitmen Polri dalam memberikan perlindungan kepada jemaah haji Indonesia di Tanah Suci,” ujar Trunoyudo dalam pernyataannya pada Senin (10/6/2024).

Trunoyudo menjelaskan bahwa para Polwan ini memiliki berbagai tugas, termasuk mengantar jemaah yang tersesat kembali ke hotel, memberikan informasi orientasi wilayah Masjid seperti pintu masuk, area wudhu, tempat belanja, tempat makan, ATM, dan Money Changer.

Selain itu, para Polwan juga akan membantu jemaah di raudah, mencari kursi roda yang hilang, memberikan pelayanan kesehatan, mengatur dan mengamankan area masuk raudah untuk mencegah penyusup, serta melakukan tindakan preventif terhadap cuaca panas di antrean raudah. Mereka juga akan membantu jemaah yang sakit untuk kembali ke hotel.

“Tugas Polwan juga mencakup bekerja sama dengan tim kesehatan untuk membantu jemaah yang pingsan, memberikan perawatan kesehatan bagi jemaah yang kakinya melepuh, membantu lansia yang terpisah dari keluarga di Masjid agar dapat berkumpul kembali, serta membantu operasional alat komunikasi dan mengatasi masalah dengan askar,” tambahnya.

Berikut adalah daftar nama-nama Polwan yang berangkat sebagai Petugas Pelayanan Ibadah Haji (PPIH):

  1. AKP Niswah Wara Pratidina, Pamin Subbagdayapolwan Baggassus Robinkar SSDM Polri
  2. IPTU Rasmawar, Pamin UR REN Subbag Renmin Sebasa Lemdiklat Polri
  3. Brigpol Restu Fitri Adryan, Bhaminlak Baglekdik Rodalpers SSDM Polri
  4. IPTU Erny Setyawati, Ps Pamin SubbagSiunlurja Bagkhirdin Rowatpers SSDM Polri
  5. Briptu Diah Kumalasari, Bhaminlak Polda Jateng
  6. IPTU Ruli Diani, Ps Paur Sifaswasjaspam Ditpotmas Baharkam Polri
  7. IPTU Elfi Ryany, Ditreskrimum Polda Metro Jaya

Dengan kehadiran Polwan ini, diharapkan jemaah haji Indonesia dapat melaksanakan ibadah haji dengan lebih nyaman dan aman.

Tinggalkan Balasan