Pemkab Pasbar Gelar Rakor Aparatur Pemerintahan Nagari Persiapan, Ini yang Dibahas

Pemkab Pasbar Gelar Rakor Aparatur Pemerintahan Nagari Persiapan, Ini yang Dibahas

Salingkamedia.com, Pasaman Barat – Pemkab Pasbar Gelar Rakor Aparatur Pemerintahan Nagari persiapan, ini yang dibahas. Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) melalui Bagian Pemerintahan (Pemnag) Nagari Sekretariat Daerah (Setda) menggelar rapat koordinasi dan sosialisasi persiapan aparatur pemerintah Nagari seantero Pasbar, Selasa (14/12) di aula Gedung kantor bupati setempat.

Baca juga : Peringatan HDI 2021 Pemda Pasbar Akan Siapkan Bus Operasional Untuk SLB

Rakor tersebut membahas beberapa poin penting terkait perkembangan nagari persiapan, antara lain status dan perkembangan kode desa yang merupakan syarat definitif sebuah nagari, pemilihan wali nagari (pilwana) dan percepatan vaksinasi di tahap persiapan. tingkat nagari yang harus mencapai target vaksinasi 75 persen per 31 Desember 2021.

Baca Juga :  Pemkab Pasbar Peringati Hari Lahir Pancasila Secara Virtual

Pemkab Pasbar Gelar Rakor Aparatur Pemerintahan Nagari Persiapan, Ini yang Dibahas

Plt (Plt) Kepala Sekretariat Daerah Pemerintahan (Pemnag) Nagari Pasbar, Syaikhul Putra, secara resmi menyampaikan bahwa pengembangan proposal 59 desa persiapan yang diajukan ke kementerian terkait sudah sampai pada tahap menunggu persetujuan Kementerian. dari Urusan Dalam Negeri. Secara teknis, pemberian kode desa yang telah memenuhi persyaratan dan yang telah diusulkan akan dilakukan sesuai mekanisme yang ditetapkan kementerian.

“Kalau mengacu pada aturan yang ada, seharusnya kode desa wajib dikeluarkan. Mudah-mudahan dalam beberapa hari ke depan ada kabar baik tentang kode desa dari kementerian. Minggu depan juga akan ada rapat di kementerian mengenai Kode desa pasbar. Semuanya sudah dimaksimalkan, mari kita doakan bersama,” ujarnya.

Baca Juga :  Rapat Paripurna DPRD Pasbar Dalam Rangka Penyampaian Nota LKPJ Bupati Pasbar Tahun Anggaran 2023

Putra mengatakan, beberapa waktu lalu bupati, wakil bupati, para pembantu dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait telah berusaha menemui Mendagri dalam rangka percepatan pemberian kode desa, namun menteri berhalangan hadir dan diwakili oleh Direktur Jenderal Pemerintahan Daerah.

Pemkab Pasbar Gelar Rakor Aparatur Pemerintahan Nagari Persiapan, Ini yang Dibahas

“Saat itu beliau (Mendagri) berhalangan hadir. Beliau diwakili Dirjen Pemerintahan Daerah. Dirjen mengatakan pasbar kode desa tinggal menunggu persetujuan menteri. Kami berharap Dirjen akan mempercepatnya. Saat itu, Dirjen mengarahkan kami untuk membuat laporan singkat untuk disampaikan langsung ke menteri. Saat ini kami masih menunggu informasi terkait hal ini,” kata Putra.

Selanjutnya mengenai Pilwana Putra dijelaskan bahwa pemilihan wali nagari baru akan dilakukan setelah semua desa persiapan telah definitif. Sehingga pilwana dapat dilaksanakan serentak di seluruh nagari yang ada.

Baca Juga :  Kapolres Pasaman Barat, 12 Orang ABK Rose 01 yang Tenggelam di Air Banggis di temukan dengan selamat

“Untuk itu, tolong sampaikan hal ini kepada masyarakat,” ujarnya.

Kemudian, dalam rangka percepatan vaksinasi Covid-19 di Pasbar, seluruh pj. persiapan wali nagari dan perangkat desa harus didorong untuk berperan aktif dalam mencapai target 75 persen pada akhir Desember.

“Aparat Nagari dalam persiapan Pasbar harus ikut mensukseskan vaksinasi Covid-19 dan berusaha mencapai target 75 persen di masing-masing daerah. Mari bersama-sama mengajak masyarakat yang belum divaksin untuk segera melakukan vaksinasi,” ujarnya. Hms/Handro

Tinggalkan Balasan