Jembatan Darurat Selesai Dibangun, Bupati Eka Putra Kunjungi Tempat Pengungsian di Jorong Aie Mancua

Jembatan Darurat Selesai Dibangun, Bupati Eka Putra Kunjungi Tempat Pengungsian di Jorong Aie Mancua
Jembatan Darurat Selesai Dibangun, Bupati Eka Putra Kunjungi Tempat Pengungsian di Jorong Aie Mancua. Humas

Salingka Media – Jembatan darurat selesai dibangun, Bupati Eka Putra kunjungi tempat pengungsian di Jorong Aie Mancua. Akses ke Jorong Kandang di Guguak, Jorong Pincuran Tujuh Nagari Koto Laweh, dan Nagari Singgalang Kembali Terbuka Melalui Jalan Alternatif.

Setelah terputusnya akses akibat musibah Jembatan Bawah Kubang yang hanyut, kini jalur transportasi tersebut kembali dapat dilalui dengan selesainya pembangunan satu unit Jembatan Darurat.

Bupati Tanah Datar, Eka Putra, didampingi oleh Mayor Marinir Deni Afrianto Putro dari Batalyon Marhanlan II Padang, Ten Ferri dari Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU PR), AKBP Kartyana Widyarso WP dari Kepolisian Resort Padangpanjang, Dedi Tri Widono dari Bagian Komunikasi dan Informasi Publik, Camat X Koto, serta beberapa pejabat lainnya, melakukan peninjauan terhadap proyek pembangunan jembatan tersebut pada Jumat (17 Mei 2024).

“Eksplorasi jembatan bailley, pengganti sementara jembatan yang hilang, hampir selesai oleh tim gabungan. Dengan izin Allah, besok akan siap digunakan,” ujar Eka Putra. Ia menambahkan bahwa rencananya akan dibangun tujuh jembatan bailley di beberapa lokasi strategis di Tanah Datar.

“Pembangunan jembatan bailley akan diprioritaskan di wilayah-wilayah yang membutuhkan untuk memperlancar akses logistik dan kebutuhan sehari-hari masyarakat,” tambahnya.

Setelah meninjau pembangunan jembatan, Bupati Eka Putra melanjutkan kunjungannya ke lokasi kerusakan jalan di Lembah Anai. Selanjutnya, ia mengunjungi Posko Tanggap Bencana di Jorong Aie Mancua, Nagari Singgalang. Di sana, ia menyalurkan bantuan langsung kepada para pengungsi dan berinteraksi dengan mereka.

“Ekskursi saya hari ini tidak hanya bertujuan untuk meninjau pembangunan infrastruktur, tetapi juga untuk berdialog dengan masyarakat terdampak langsung oleh musibah ini,” ungkapnya.

Eka Putra juga menyampaikan komitmennya untuk membantu pemulihan rumah-rumah yang rusak berat atau berada di daerah rawan. “Kami akan memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan untuk membangun kembali rumah mereka, asalkan mereka memiliki lahan yang layak. Kami akan segera mengalokasikan dana untuk pembangunan ini, karena kami sadar bahwa situasi di posko pengungsian ini tidak bisa berlangsung lama,” tegasnya.

Wali Nagari Singgalang, Seri Mesra, menyambut baik inisiatif tersebut. “Kami akan segera mengoordinasikan relokasi bagi 23 keluarga yang rumahnya hanyut. Semoga langkah ini dapat membantu mereka memulai kehidupan baru dengan lebih baik,” katanya.

Salah seorang pengungsi, Novi, juga menyampaikan rasa terima kasihnya atas perhatian dan bantuan yang diberikan. “Kami sangat bersyukur atas solusi yang diberikan. Semoga dengan relokasi ini, kami dapat merasakan kedamaian dan keamanan yang baru,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan