Festival Surau Perti Padang 2024: Semarak Peringatan Satu Abad dan Semangat Tahun Baru Islam

Festival Surau Perti Padang 2024: Semarak Peringatan Satu Abad dan Semangat Tahun Baru Islam
Festival Surau Perti Padang 2024: Semarak Peringatan Satu Abad dan Semangat Tahun Baru Islam (Dok. Padek.Jawapos)

Salingka Media – Semarak perayaan mewarnai Kota Padang di awal Juli 2024. Festival Surau Perti Padang, yang berlangsung dari tanggal 5 hingga 7 Juli 2024, menjadi magnet bagi masyarakat untuk berkumpul dan memeriahkan satu abad Persatuan Tarbiyah Islamiyah (Perti) sekaligus menyambut tahun baru Islam 1446 Hijriah.

Dihelat di halaman Masjid Baiturrahmah Padang, festival ini menghadirkan berbagai kegiatan menarik yang tak hanya menghibur, tetapi juga sarat makna dan edukasi. Lomba qasidah rebana dan shalawat kreasi remaja/pemuda menggemakan lantunan ayat suci Al-Quran dan pujian kepada Rasulullah SAW, membangkitkan semangat keimanan dan kecintaan terhadap Islam.

Bagi generasi muda, lomba cerdas cermat mahasiswa menjadi ajang adu pengetahuan dan wawasan Islam. Di sisi lain, keceriaan terpancar dari para peserta lomba dai cilik yang dengan polos dan menggemaskan menyampaikan dakwahnya. Tak ketinggalan, tabligh akbar menghadirkan ulama ternama untuk memberikan ceramah dan pencerahan spiritual bagi para pengunjung.

Baca Juga :  Hadiri Maulid Nabi di Muaro Kiawai, Hamsuardi: Program Agama Ini Cita-cita Kita Semua

Lebih dari sekadar perlombaan, Festival Surau Perti Padang juga menjadi wadah untuk melestarikan budaya Minangkabau. Bazar UMKM dan pameran budaya menampilkan berbagai produk unggulan dan kerajinan tangan khas Minang, menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Antusiasme masyarakat menyambut Festival Surau Perti Padang ini luar biasa. Ribuan orang memadati lokasi acara, menikmati berbagai pertunjukan dan mengikuti kegiatan yang disediakan. Festival ini pun menjadi momen silaturahmi yang mempererat persaudaraan antar warga Kota Padang.

Lebih dari Sekadar Festival, Sebuah Misi Mulia

Di balik kemeriahannya, Festival Surau Perti Padang memiliki misi mulia. Diadakannya festival ini bertujuan untuk:

  • Memperingati satu abad Persatuan Tarbiyah Islamiyah (Perti)
  • Menyambut tahun baru Islam 1446 Hijriah
  • Membangkitkan kembali kekayaan budaya Minangkabau
  • Mempererat silaturahmi antar masyarakat
  • Menjadi surau sebagai episentrum gerakan persatuan dan tarbiyah Islam
Baca Juga :  Kota Padang Masuk Status Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level III

Dampak Positif yang Berkelanjutan

Festival Surau Perti Padang 2024 telah memberikan dampak positif yang tidak hanya dirasakan pada saat acara berlangsung, tetapi juga di masa depan. Festival ini:

  • Meningkatkan syiar Islam di Kota Padang
  • Melestarikan budaya Minangkabau
  • Mempererat silaturahmi antar masyarakat
  • Mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif di Kota Padang

Diharapkan, Festival Surau Perti Padang dapat menjadi agenda tahunan Pemerintah Kota Padang. Keberhasilannya tahun ini menjadi bukti bahwa festival ini bukan hanya hiburan semata, tetapi juga membawa manfaat bagi masyarakat dan pelestarian budaya Islam di Kota Padang.

Sumber Informasi:

Tinggalkan Balasan