DPRD Pasbar Rajut Kemitraan Bersama Insan Pers

DPRD Pasbar Rajut Kemitraan Bersama Insan Pers
DPRD Pasbar Rajut Kemitraan Bersama Insan Pers

Salingkamedia.com, Pasaman Barat – DPRD Pasbar rajut kemitraan bersama insan Pers, Wartawan, merupakan filar keempat yang menjalankan tugasnya sebagai lembaga perlindungan, pendidik, dan hiburan. Selain menjadi corong pemerintah saat membahas liputan untuk masyarakat, dan menjadi penyalur aspirasi menurut masyarakat kepada pemerintah.

Wartawan yang eksis dan aktif di media cetak, online, dan televisi, juga tampak melakukan kontrol sosial terhadap lembaga-lembaga pemerintah, baik saat menjabat sebagai penyelenggara pemerintahan, maupun dalam penyelenggara negara. Dalam tatanan berbangsa dan bernegara, pelaksana pemerintahan, misalnya di Pasaman Barat, berbentuk lembaga eksekutif dan legislatif.

Baca juga ; Bupati Pasaman Barat Hamsuardi, Lantik Bamus Nagari Sasak

Badan eksekutif adalah pihak yang menjalankan roda pemerintahan, melaksanakan pembangunan dengan mencerdaskan kehidupan bangsa dan negara adalah pemerintah. Sedangkan lembaga yang bertugas mengawasi pemerintahan, legislasi, dan penganggaran di setiap tingkatan, mulai dari pusat, provinsi, dan kabupaten/kota adalah legislatif.

Bersamaan dengan itu, Senin 24 Januari 2022, DPRD Pasaman Barat kembali merajut kerja sama dengan wartawan yang bekerja di kawasan ini. Rapat pengukuhan selama masa jabatan Ketua PAW (Pengganti Antar Waktu) DPRD setempat, Eriato, digelar di ruang Badan Permusyawaratan (Bamus) DPRD, Padang Tujuh, Simpang Empat.

Selain Erianto yang memimpin diskusi, acara kemitraan antara DPRD setempat dengan menggunakan wartawan dari Pasaman Barat itu juga dihadiri Wakil Ketua Endra Yama Putra, Ketua Komisi III Pembangunan, Baharuddin R, beserta anggota dewan lainnya, seperti Erefriwan, Syafridal, dan 2 lainnya. .

Dari pembahasan kedua lembaga tersebut dapat disimpulkan bahwa kemitraan antara DPRD Psaman Barat menggunakan jurnalis di wilayahnya, tidak hanya dalam bentuk publikasi kegiatan pengurus secara keseluruhan. Dari pertemuan itu juga dapat menjadi catatan bagi pengurus yang akan ditindaklanjuti.

Beberapa catatan tersebut antara lain, Bagi jajaran DPRD, mengaktifkan peran dan fungsi Humas DPRD menjadi rekan kerja dan kontak personal dengan wartawan, akan dimasukkan dalam rencana dewan, agar wartawan diikutsertakan dalam setiap kunjungan kerja, studi banding atau dalam bentuk lain di luar daerah.

Melakukan pertemuan ulang antara DPRD Pasaman Barat dengan menggunakan wartawan, secara lebih luas, yang akan dilakukan di lain waktu dan tempat. Sehingga hubungan kemitraan DPRD menggunakan jurnalis, tidak terbatas pada penerbitan atau pemberitaan pada setiap kegiatan kelembagaan, baik yang dilakukan oleh unsur pimpinan, ketua komisi, dan tim Bamus maupun panitia khusus (Pansus).

Bagi wartawan, dalam pertemuan antara DPRD Pasaman Barat dengan menggunakan orang-orang pers, disimpulkan bahwa peran atau kerja wartawan di lembaga dewan, tidak hanya mencakup kegiatan yang telah atau akan dilakukan dalam program resmi, seperti sidang paripurna. , sesuai dengan materi dan jadwal yang terpengaruh.

Wartawan juga mempublikasikan kegiatan dewan lain, baik yang dilakukan oleh jajaran komisi, fraksi atau lembaga lain yang ada dan dilakukan secara kelembagaan di jajaran DPRD Pasaman Barat. Ke depan, unsur direksi dan jurnalis akan menjalankan perannya secara bersama-sama, menjadi pilar pembangunan bangsa dan negara di kawasan ini. (Handro/irpawaldi)

Tinggalkan Balasan