PM Slovakia Diserang, Kondisi Terkini Belum Stabil

PM Slovakia Diserang, Kondisi Terkini Belum Stabil
PM Slovakia Diserang, Kondisi Terkini Belum Stabil. Menteri Pertahanan Slovakia, Robert Kaliňák (kanan), dan direktur rumah sakit Miriam Lapunikova berbicara kepada media di luar rumah sakit universitas FD Roosevelt di Banská Bystrica.
Foto: Martin Divíšek/EPAPhotograph: Martin Divíšek/EPA Via Theguardian

Salingka Media – PM Slovakia diguncang dengan kekerasan ketika Perdana Menteri Robert Fico menjadi korban penembakan brutal usai rapat kabinetnya. Pelaku menembaknya lima kali dari jarak dekat, mengakibatkan luka serius pada perut dan lengan sang PM yang berusia 59 tahun.

Ahli bedah berjuang keras selama berjam-jam di ruang operasi untuk menyelamatkan nyawa Fico. Meskipun berhasil menstabilkan kondisinya, Fico masih dalam keadaan serius karena cedera yang rumit.

Rumah Sakit Banska Bystrica, tempat Fico dirawat, mengonfirmasi bahwa operasi berlangsung selama lima jam dengan melibatkan dua tim bedah. Saat ini, Fico masih dirawat di unit perawatan intensif.

Tersangka penembakan, seorang pria berusia 71 tahun, telah ditahan oleh polisi di lokasi kejadian. Insiden ini menandai kekerasan politik yang jarang terjadi di Slovakia, dengan analis menyebut bahwa serangan semacam ini belum pernah terjadi sebelumnya terhadap seorang menteri atau perdana menteri.

Baca Juga :  Pelaku Curanmor Nyasar di Pasar Ikan Setelah Mencuri di Tiga TKP

Robert Fico, yang memimpin pemerintahan sejak 2006, kembali menjabat sebagai perdana menteri pada Oktober 2023 setelah mengundurkan diri pada 2018 akibat skandal korupsi. Namun, keputusannya untuk mempertanyakan kedaulatan Ukraina dan mendukung Rusia telah memicu kontroversi dan protes massal di negaranya.

Tinggalkan Balasan