Memberantas Korupsi Dapat Dimulai Dari Menjaga Sikap Dan Keteladanan Di Tingkat Tertinggi

Memberantas Korupsi  Dapat Dimulai Dari Menjaga Sikap Dan Keteladanan Di Tingkat Tertinggi
Memberantas Korupsi Dapat Dimulai Dari Menjaga Sikap Dan Keteladanan Di Tingkat Tertinggi

Salingka Media, Jakarta – Mengembalikan kewenangan hukum independensi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), cara Anis Baswedan memberantas korupsi.

Selain itu, Anies Baswedan juga mengatakan, pemberantasan korupsi juga bisa dimulai dari sikap dan keteladanan di tingkat tertinggi yaitu presiden sebagai Kepala Negara.

“Ketika pemimpin tertinggi menjunjung tinggi prinsip integritas maka akan menjalar ke bawah, ketika pemimpin tertinggi memberikan toleransi dan permisif maka sikap tersebut juga akan menjalar ke bawah,” kata Anies, dilansir Antara.

Ungkapan itu diutarakan mantan Gubernur DKI Jakarta itu usai menghadiri acara Penguatan Anti Korupsi bagi Penyelenggara Berintegritas (PAKU Integritas) di Gedung Komite Pemberantasan Korupsi Indonesia, Jakarta, Rabu, 17 Januari 2024 Soal pemberantasan korupsi, Anies Baswedan punya komitmen bersama calon wakil presiden Muhaimin Iskandar atau Cak Imin untuk melakukan sejumlah upaya pencegahan dan antikorupsi sejak dini hingga menjabat di pemerintahan, jika terpilih pada Pilpres 2024.

Baca Juga :  Bareskrim Sita 1674.951 Kg Sabu Sepanjang Tahun 2021

Sebagai Presiden dan Wakil Presiden. Paslon nomor urut satu berkomitmen mengembalikan kewenangan hukum dan independensi Komisi Pemberantasan Korupsi.

Artinya komisi antirasuah harus merevisi undang-undang tersebut.

Cara pemberantasan korupsi ala Anies Baswedan selanjutnya adalah mengembalikan orang-orang tua ke KPK berdasarkan integritasnya, baik pimpinan maupun pegawai KPK.

“Saya ingat ketika saya menjabat Ketua Komite Etik KPK pada tahun 2012, saya berada di kantor selama tiga minggu dan ketika berinteraksi mereka sangat disiplin. Saya bertemu dengan pegawai KPK di dalam lift, saya tanya mereka sedang sibuk apa, mereka akan melakukannya, maaf pak, kami tidak bisa menjawab. “Jadi tidak ditutup-tutupi, katanya kami tidak bisa menjawab,” ujarnya.

Baca Juga :  Alhamdulillah Padang Raih Penghargaan Terbaik II Bidang Perencanaan Pembangunan Kota di Indonesia

“Saat ini kita merasa komitmen sudah gugur, budaya menjaga etika seolah hilang dan kita ingin lembaga independen, rekrutmen harus berintegritas tetapi juga kode etik dijaga dengan disiplin tinggi,” lanjutnya.

Selain cara Anies Baswedan memberantas korupsi, di kesempatan lain calon presiden nomor urut 1 juga angkat bicara soal solusi stunting.

 

Referensi/sumber : (Kompas.id/Antara/inversi.id/dipo )

Tinggalkan Balasan