Bukittinggi Gelar Lomba Bertutur Bung Hatta bagi pelajar

Bukittinggi gelar Lomba Bertutur Bung Hatta bagi pelajar
Bukittinggi gelar Lomba Bertutur Bung Hatta bagi pelajar

Salingkamedia.com, Bukittinggi – Bukittinggi gelar Lomba Bertutur Bung Hatta bagi pelajarDinas pendidikan dan kebudayaan (Disdikbud) Kota Bukittinggi akan menggelar lomba Bertutur Bung Hatta yang diadakan bagi pelajar se-Kota Bukittinggi dari tingkat SD dan SMA sederajat.

Kasie Permuseuman Disdikbud, Beta Ayu Listyorini di Bukittinggi, pada hari Selasa tanggal 16 November 2021. Mengatakan penyelenggarakan Lomba Bertutur bertujuan untuk membangun kepercayaan diri anak-anak untuk bisa menuturkan cerita terkait setiap periode, peranan dan kiprah Bung Hatta semasa hidupnya.

“Sekaligus memahami dan meneladani pikiran, gagasan, dan sikap hidup Bung Hatta yang menjadi pondasi bagi kebangsaan dan kemajuan Indonesia di masa yang akan datang,” katanya.

Ia menyebut kegiatan itu juga bertujuan untuk mengenalkan dan mendekatkan masyarakat dengan museum dan cagar budaya.

“Terutama dapat menarik minat masyarakat untuk datang berkunjung ke Museum Rumah Kelahiran Bung Hatta,” ujarnya.

Lomba Bertutur dengan tema Bung Hatta itu meliputi masa kanak-kanak Bung Hatta di Bukittinggi, masa remaja di Padang, masa remaja di Batavia (Jakarta), masa kuliah di Belanda, masa perjuangan kemerdekaan, idealisme Bung Hatta tentang Indonesia merdeka, dan kehidupan Bung Hatta setelah mengundurkan diri dari Wakil Presiden.

“Jadi yang mau mendaftar peserta harus datang langsung ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bukittinggi dan mengisi formulir yang disediakan oleh panitia tanpa dipungut biaya,” ujarnya.

Batas waktu pendaftaran akan berakhir pada tanggal 26 November 2021, sedangkan lomba diadakan pada tanggal 29 – 30 November 2021 di Museum RKBH (Rumah Kelahiran Bung Hatta).

Untuk syarat dan ketentuan, peserta kategori SD tampil seorang diri dengan durasi penampilan maksimal 5 menit.

Peserta kategori SMP, peserta tampil seorang diri atau berkelompok (lebih dari 2 orang) dengan durasi penampilan maksimal 6 menit dan peserta kategori SMA / Sederajat, peserta tampil seorang diri atau berkelompok (lebih dari 2 orang) dengan durasi penampilan maksimal 7 menit.

“Pemenang akan diumumkan pada tanggal 30 November 2021 dan bagi pemenang akan mendapatkan hadiah berupa uang tunai, piala dan piagam persetiap kategorinya,” tutup Beta Ayu.

Sumber : ANTARA

Baca Juga :  Diduga Karena Utang Piutang, Pelaku Penganiayaan Ketua Relawan Anies Baswedan Berhasil Ditangkap Polisi

Tinggalkan Balasan