News  

APTSI Melaksanakan Rapat Dengar Pendapat Dengan Komisi 10 DPR RI

APTSI Melaksanakan Rapat Dengar Pendapat Dengan Komisi 10 DPR RI

Salingka Media – APTSI melaksanakan rapat dengar pendapat dengan Komisi 10 DPR RI, Assosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTSI) bersama kuasa hukum (Guntur Abdurrahman, Didi Cahyadi Ningrat dan Ryan) melaksanakan Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi 10 DPR RI d gedung Nusantara, sehubungan dengan polemik pelaksanaan Ujian Kompetensi Mahasiswa Kesehatan yang sangat tidak adil.

Komite Ujian Kompetensi yang dibentuk oleh kemendikbud telah menghilangkan kewenangan Perguruan Tinggi sebagai Pelaksana yang diberikan oleh undang-undang pendidikan tinggi dan sisdiknas telah “dihapus”, akibatnya, pelaksanaan ujian kompetensi tidak mampu mencapai tujuan, karena sistem pelaksanaan ujian mengenyampingkan aspek penilaian yang wajib ada, yaitu aspek skill (keterampilan) dan attiutde (sikap) dikesampingkan, ujian hanya berdasarkan satu aspek pengetahuan (knowledge) saja, sehingga akan berdampak kepada keahlian dilapangan.

Baca Juga :  Kapal Serbu Amfibi Tonnerre Milik Prancis Bantu Gaza Palestina

Kerugian Dari sisi mahasiswa ujian yang dilaksanakan oleh komite sebagian besar tidak sesuai dengan kurikulum studi, lokasi tes yang terbatas sehingga menyulitkan bagi mahasiswa yang kampus dan daerahnya memiliki keterbatasan akses penyelenggaraan ujian.

APTSI Melaksanakan Rapat Dengar Pendapat Dengan Komisi 10 DPR RI

Kerugian lainnya, Mahasiswa yang belum lulus ujian kompetensi tidak dapat memperoleh ijazah meskipun sudah menyelesaikan seluruh studi, padahal undang-undang jelas memisahkan antara ijazah dengan sertifikat kompetensi, ijazah sebagai tanda selesai studi, sedangkan sertifikat kompetensi sebagai bukti lulus ujian kompetensi. Akibatnya jika mahasiswa gagal ujian kompetensi meskipun telah lulus seluruh bidang studi dapat di DO dari kampusnya.

Ironi saat ini telah lebih dari 300 ribu Mahasiswa yang telah menjadi korban oleh pelaksanaan ujian yang diselenggarakan oleh komite yang dibentuk oleh Surat Keputusan Mendikbud.

Baca Juga :  Kunjungan Kerja Komisi V DPR RI ke Pasbar, Siap Dukung Percepatan Pembangunan Pasca Gempa

Peserta RDP yang hadir saat ini mewakili kampus – kampus Swasta dari seluruh Indonesia, diperkirakan yang hadir perwakilan lebih dari 100 perguruan tinggi dari jumlah 3500 perguruan tinggi yang menjadi anggota APTSI.

Sumber : Guntur Abdurrahman

Tinggalkan Balasan