Sungai Ngarai Sianok Meluap, Banjir Terjadi di Kayu Kubu Bukittinggi

Sungai Ngarai Sianok Meluap, Banjir Terjadi di Kayu Kubu Bukittinggi. (Dok. Tangkapan layar dari unggahan video akun instagram @sudutbukittinggi
Sungai Ngarai Sianok Meluap, Banjir Terjadi di Kayu Kubu Bukittinggi. (Dok. Tangkapan layar dari unggahan video akun instagram @sudutbukittinggi)

Salingka Media – Bukittinggi, Sumatera Barat – Hujan deras yang mengguyur Kota Bukittinggi pada Senin (2 Juni 2024) menyebabkan Sungai Ngarai Sianok meluap dan mengakibatkan banjir di daerah Kayu Kubu.

Ketinggian air sungai mencapai 10 sentimeter dan membawa material kayu-kayu besar. Banjir ini beberapa menyebabkan rumah warga terendam lumpur dan halaman rumah serta objek wisata di Kayu Buku Bukittinggi dipenuhi lumpur.

Menurut Ketua Ketahanan Bencana Lingkungan Kelurahan (KBLK) Kayu Kubu, Ikhlas, meluapnya Sungai Ngarai Sianok disebabkan oleh curah hujan tinggi yang terjadi di daerah Bukittinggi pada malam harinya. “Hujan deras tadi malam menyebabkan debit air di Sungai Ngarai Sianok meningkat pesat, sehingga meluap dan menggenangi pemukiman warga,” jelas Ikhlas.

Baca Juga :  International Minangkabau Literacy Festival (IMLF), di Aula PPSDM Kemendagri Regional Bukittinggi

Hingga saat ini, belum ada laporan korban jiwa akibat peristiwa ini. Namun, kerugian materi yang ditaksir mencapai jutaan rupiah. Petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bukittinggi dan relawan sudah turun ke lokasi untuk membantu warga yang terdampak banjir.

Selain itu, pemerintah juga menghimbau kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi banjir, terutama saat musim hujan. Masyarakat diimbau untuk tidak membuang sampah sembarangan ke sungai dan selalu menjaga kebersihan lingkungan.

Tinggalkan Balasan