Update Erupsi Gunung Marapi 30 Mei 2024, Abu Vulkanik 2 Km! Masyarakat Diminta Waspada

Update Erupsi Gunung Marapi 30 Mei 2024, Abu Vulkanik 2 Km! Masyarakat Diminta Waspada
Erupsi Gunung Marapi 30 Mei 2024, Abu Vulkanik 2 Km! Masyarakat Diminta Waspada. (Dok. Akun instagram @sudutbukittinggi

Salingka Media – Gunung Marapi di Sumatera Barat kembali menunjukkan aktivitas vulkaniknya pada Kamis, 30 Mei 2024. Erupsi terjadi sekitar pukul 13:04 WIB, dengan menyemburkan abu vulkanik setinggi 2 kilometer dari puncak, seperti dilaporkan Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Marapi di Bukittinggi Kompas Video . Kolom abu vulkanik berwarna kelabu tebal condong ke arah barat daya. Erupsi ini disertai dengan dentuman dan getaran yang dirasakan oleh penduduk di sekitar gunung ANTARA News .

Meskipun terjadi letusan, hingga saat ini status Gunung Marapi masih berada di Siaga (Level III) . Petugas PGA Marapi terus memantau aktivitas gunung dan menghimbau masyarakat di sekitar gunung untuk tetap waspada dan mengikuti arahan dari petugas detikNews .

Dampak Erupsi Gunung Marapi

Erupsi Gunung Marapi hari ini berpotensi menimbulkan beberapa dampak, seperti:

  • Jatuhnya hujan abu vulkanik di beberapa wilayah di sekitar gunung, seperti Bukittinggi, Agam, Tanah Datar, dan Padang Panjang. Hujan abu vulkanik ini dapat mengganggu kesehatan masyarakat, terutama bagi mereka yang memiliki penyakit pernapasan [Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), situs web resmi atau media sosial resmi].
  • Gangguan penerbangan di Bandara Internasional Minangkabau. Bandara ditutup sementara untuk memastikan keamanan penerbangan akibat abu vulkanik yang tebal [Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), situs web resmi atau media sosial resmi].
  • Penutupan objek wisata di sekitar gunung, seperti Taman Nasional Gunung Marapi dan Bukittinggi [Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), situs web resmi atau media sosial resmi].

Imbauan untuk Masyarakat

Masyarakat diimbau untuk:

  • berikut arahan dari petugas terkait dengan kondisi terkini Gunung Marapi [Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), situs web resmi atau media sosial resmi].
  • Memakai masker saat berada di luar ruangan untuk menghindari paparan abu vulkanik [Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), situs web resmi.
  • Menutup rapat pintu, jendela, dan ventilasi rumah untuk mencegah abu vulkanik masuk ke dalam rumah [Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), situs web resmi.
  • Menyiram tanaman dan ternak yang terkena abu vulkanik [Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), situs web resmi.
  • Menjaga kesehatan dengan banyak minum air putih dan makan makanan bergizi [Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), situs web resmi.

Informasi terkini terkait aktivitas Gunung Marapi dapat disiarkan melalui situs web resmi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) atau melalui media sosial resmi PVMBG.

Tinggalkan Balasan